Pilkada 2018

Gerindra tak Mungkin 'Mesra' dangan PKS di Semua Daerah

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 17 Jul 2017 19:36 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Gerindra tak Mungkin 'Mesra' dangan PKS di Semua Daerah
Ilustrasi--Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Hubungan antara Partai Gerindra dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terbilang 'mesra' sejak keduanya memenangkan Pilkada DKI 2017. 'Kemesraan' keduanya mungkin saja terwujud di Pilkada 2018, namun tak di semua daerah.

"Itu sangat mungkin kita koalisi dengan PKS," kata Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria kepada Metrotvnews.com, di kompleks Parlemen Senayan, Senin 17 Juli 2017.

Baca: PKS Beri Sinyal 'Kemesraan' dengan Gerindra Berlanjut

Menurutnya, faktor koalisi berdasarkan dinamika politik dan keinginan kader di daerah. Ia tak mempermasalahkan jika kebersamaan antara Gerindra dan PKS harus terpisah saat Pilkada 2018. "Di Pilkada itu sangat cair yah berkoalisi dengam partai mana saja. Kalau koalisi itu kan tidak pasti dengan A,B,C,D daerahnya tergantung kadernya," ujarnya.

Faktor koalisi partai di daerah, selain mempertimbangkan calon yang diusung tetapi juga dalam rangka konsolidasi partai. Terkadang kepentingan dan pertimbangan masing-masing partai berbeda. Termasuk Gerindra dan PKS.

"Partai itu mengusung calon tidak semua menang. Kadang-kadang dia tahu berat menang, tapi bermanfaat bagi kepentingan partai kedepan sangat dimungkinkan itu," pungkasnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dimulai Oktober tahun ini. Ada 171 pilkada yang pemungutan suaranya pada 27 Juni 2018.


(YDH)