Kampanye di Jelambar, Djarot Ditanya soal Penggusuran

Riyan Ferdianto    •    Selasa, 21 Mar 2017 12:27 WIB
pilgub dki 2017
Kampanye di Jelambar, Djarot Ditanya soal Penggusuran
Djarot Saiful Hidayat di Pasar Inpres Jelambar. Foto: MTVN/Riyan Ferdianto

Metrotvnews.com Jakarta: Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat kampanye ke kawasan Pasar Inpres Jelambar, Kelurahan Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Di sana, Djarot mendapat pertanyaan soal kabar penggusuran.

Djarot mengawali kampanye dengan mendatangi Posyandu di depan Pasar Inpres Jelambar. Warga memanfaatkan pertemuan dengan Djarot untuk mengonfirmasi kabar simpang siur penggusuran pemukiman mereka.

"Maaf pak, saya mau tanya, apa benar ada penggusuran?"

Djarot tertawa kecil sambil menggelengkan kepala. Djarot memastikan kabar tersebut tidak benar. "Yang akan direlokasi itu bantaran sungai, kolong jembatan, kolong tol," ujar Djarot.

Penjelasan Djarot belum cukup. Seorang warga bertanya, kembali soal isu penggusuran. "Jadi begini ya, yang direlokasi itu yang ada di bantaran sungai, kolong jembatan. Itu tanahnya negara," kata Djarot.

Djarot menegaskan, permukiman di luar kawasan hijau tidak akan digusur. Bagi warga yang permukimannya digusur, menurut Djarot, Pemerintah Provinsi DKI komitmen menyediakan rumah susun.

Djarot mengimbau warga segera mengurus sertifikat tanah agar ada jaminan. "Kalau ada sertifikat, ya, aman. Mengurus sertifikat mudah kok sekarang. Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) gratis kalau dibawah Rp2 miliar."


(TRK)