Jelang Deklarasi Pilgub, Nurdin Halid Kirab Keliling Sulsel

Andi Aan Pranata    •    Minggu, 12 Nov 2017 15:23 WIB
pilkada 2018
Jelang Deklarasi Pilgub, Nurdin Halid Kirab Keliling Sulsel
Pasangan bakal calon gubernur Sulsel, Nurdin Halid - Aziz Qahar Mudzakkar sat diusung NasDem beberapa waktu lalu

Makassar: Kandidat gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Halid - Aziz Qahhar Mudzakkar berencana menggelar pawai keliling daerah bersama Partai Golkar untuk meminta dukungan masyarakat menuju Pemilihan Gubernur 2018. Kirab digelar satu hari jelang deklarasi pencalonan, yang agendanya ditetapkan di Lapangan Karebosi Makassar, 17 November 2017.

Sekretaris DPD Golkar Sulsel Abdillah Natsir mengungkapkan, Nurdin dan Aziz akan menempuh jalur berbeda. Nurdin memulai kirab dari kampung halamannya kabupaten Bone, sedangkan Aziz mengawali perjalanan dari daerah asalnya, Luwu.

"Masing-masing melintasi delapan kabupaten/kota, sebelum sampai di Makassar sebagai titik temu," kata Abdillah di Makassar, Minggu 12 November 2017.

Abdillah mengatakan, kirab sebagai bentuk permintaan restu pasangan Nurdin - Aziz menuju Pilgub Sulsel. Di setiap daerah yang dilalui, mereka akan singgah sejenak untuk menghadiri penyambutan, silaturahmi, serta pamitan dan doa bersama segenap masyarakat pendukung.

Perjalanan ditaksir selesai dalam sehari, sejak pagi hingga malam hari. Dalam kirab ini tidak semua daerah di Sulsel dilewati. Meski demikian Abdillah memastikan perwakilan 24 kabupaten/kota tetap terjangkau, dengan menghadirkan mereka di daerah yang dilintasi pawai.

Abdillah melanjutkan bahwa deklarasi pencalonan Nurdin-Aziz bakal berlangsung meriah. Ribuan pendukung dan kader parpol pengusung bakal hadir memadati lokasi. Meski digelar sejumlah hiburan, acara utamanya berupa dzikir dan doa.

"Dengan serangkaian acara ini, kita bukan bermaksud untuk menggetarkan lawan. Tapi kita ingin menunjukkan bahwa Golkar di Sulsel itu memang besar," ujar Abdillah.

Nurdin Halid dan Aziz Qahhar Mudzakkar mendapatkan tiket pencalonan di Pilgub Sulsel melalui koalisi tiga parpol. Masing-masing dari Golkar, NasDem, dan PKPI. Adapun Abdillah mengisyaratkan dalam deklarasi mendatang akan ada tambahan parpol pengusung.

"Kita lihat nanti saat di acara," katanya.



(ALB)