Tiga Orang Daftar Pilgub Jatim di Demokrat

Amaluddin    •    Minggu, 16 Jul 2017 14:57 WIB
pilgub jatim 2018
Tiga Orang Daftar Pilgub Jatim di Demokrat
Nurwiyatno setelah mendaftar Pilgub Jatim melalui Demokrat. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Inspektorat Jawa Timur Nurwiyatno mendaftarkan diri ke DPD Partai Demokrat untuk Pilgub Jatim 2018. Hingga saat ini, sudah tiga kandidat mendaftar melalui Demokrat.

"Pertama Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, kemudian Nurhati Ali Assegaf, dan ketiga Nurwiyatno," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, usai menerima pendaftaran Nurwiyatno di kantor DPD PD Jatim, Jalan Kertajaya, Surabaya, Minggu, 16 Juli 2017.

Baca: Demokrat Belum Pastikan Kehadiran Agus di Pilkada Jatim

Renvil mengatakan, ketiga kandidat itu berberda latar belakang dan posisi untuk Pilgub Jatim. Gus Ipul yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Jatim mendaftar sebagai Calon Gubernur (Cagub). Nurhayati, anggota DPR sekaligus Wakil Ketum DPP PD mendaftar sebagai Cagub.

"Sedangkan Nurwiyatno tidak mendaftar sebagai Cagub atau Cawagub, beliau hanya mendaftar untuk Pilgub. Terkait posisi sebagai apa, menyerahkan sepenuhnya ke partai," kata Renvil.

Partai Demokrat telah membuka pendaftaran Pilgub Jatim mulai 12 Juli, dan pendaftaran akan ditutup pada 30 Juli 2017. Demokrat akan melakukan survei terlebih dahulu sebelum menentukan dukungan.

Baca: Demokrat Harap Hanya Ada Satu Calon di Pilgub Jatim

"Perkiraan rekomendasi dari DPP akan turun pada September," kata Renvil.

Sementara itu, Nurwiyatno mengaku sengaja tidak mendaftar sebagai cagub atau cawagub, karena ia menyerahkan kepada partai. "Saya manut saja, saya siap di posisi apa saja," kata dia.


(SAN)