Sejahterakan ASN, Cara Pasangan Asyik Atasi Korupsi di Jabar

Sunnaholomi Halakrispen    •    Selasa, 13 Mar 2018 09:46 WIB
pilgub jabar 2018
Sejahterakan ASN, Cara Pasangan Asyik Atasi Korupsi di Jabar
Pasangan Cagub-Cawagub Jabar Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Jakarta: Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018 Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) berjanji akan mengatasi permasalahan korupsi di Jawa Barat dengan menitikberatkan pada kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Bagaimana kita harus meningkatkan kesejahteraan ASN,” kata Syaikhu dalam debat kandidat Pilgub Jabar, Senin, 12 Maret 2018.

Syaikhu memaparkan kesejahteraan ASN perlu ditingkatkan, sebab di ranah ini menjadi akar dari adanya peluang besar terjadinya korupsi yang didasarkan pada ketidakmampuan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Pasangan calon yang diusung oleh PKS, PAN, dan Gerindra ini menyatakan cara mengatasi korupsi selanjutnya ialah dengan memberikan early warning sistem.

Upaya tersebut dilakukan pada pemangku jabatan yang cenderung mengarah korupsi. Hal ini dilakukan sebagai pengingat awal kepada pejabat yang terindikasi kasus korupsi.

“Sudah diingatkan terlebih dahulu bahwa Anda masuk dalam bahaya korupsi,” ujar Syaikhu.

Mantan Wakil Walikota Bekasi  ini juga meyakini upaya tersebut sebagai tindakan kepatuhan hukum (law enforcement) bagi siapapun  mereka yang sudah melakukan pelanggaran terhadap korupsi.

Lebih jauh, upaya tersebut dijanjikan pasangan calon Pilgub Jabar nomor urut tiga ini karena seringnya terjadi praktik korupsi yang disebabkan oleh sistem yang lemah.


(SCI)