Dua Pasangan Calon Perseorangan di Majalengka Gugur

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 30 Nov 2017 13:13 WIB
pilkada 2018
Dua Pasangan Calon Perseorangan di Majalengka Gugur
Verifikasi berkas calon perseorangan di KPU Majalengka. Medcom.id/Rofahan

Majalengka: Dua bakal calon perseorangan yang akan maju menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Majalengka pada Pilkada 2018, dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Majalengka. Kedua pasangan tersebut, tidak memenuhi persyaratan yang harus dilakukan untuk maju melalui jalur perseorangan.

Ketua KPU Majalengka, Supriyatna mengatakan, dua bakal calon (Balon) yang dinyatakan tidak memenuhi syarat, yaitu pasangan Ating Sudirman dan Enther Nizar, serta pasangan Rosyid dan Toton Patoni. Keduanya terkendala dalam jumlah dukungan yang harus dipenuhi oleh masing-masing calon perseorangan.

“Dua pasangan ini tidak bisa memenuhi dukungan B2KWK ( rekapitulasi berkas dukungan),” kata Supriyatna di Majalengka, Kamis 30 November 2017.

Untuk bisa maju menjadi calon perseorangan di Kabupaten Majalengka, masing-masing pasangan calon harus bisa memenuhi dukungan hingga 72.470 dukungan. Untuk pasangan Ating Sudirman dan Enther Nizar, melaporkan sudah mendapatkan dukungan sebanyak 73.906.

“Namun setelah diverifikasi, hanya berjumlah 62.366. Sehingga kurang 10.104 dukungan,” kata Supriyatna.

Sedangkan untuk pasangan perseoranga lainnya, yaitu Rosyi dan Toton Patoni, jumlah dukungan B2KWK-nya, hanya berjumlah 55.163 dukunga, jauh dari persyaratan dukungan yang mencapai 72.470 dukungan.

Komisioner KPU Majalengka Divisi Teknis, Cecep Jamaksari menuturkan, untuk pasangan calon perseorangan yang tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, maka secara otomatis dinyatakan gugur dari pencalonan. Dengan gugurnya dua pasangan tadi, berarti Pilkada Majalengka tidak akan diikiuti oleh calon perseorangan.

“Berarti, tidak ada calon perseorangan yang akan bertarung di Pilkada Majalengka nanti,” kata Cecep.


(ALB)