Sembilan Figur Ramaikan Kandidat Gubernur Demokrat Sulsel

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 03 Aug 2017 16:27 WIB
pilkada 2018
Sembilan Figur Ramaikan Kandidat Gubernur Demokrat Sulsel
Andi Nurpati (tengah) bersama pengurus DPD Demokrat Sulsel. (Metrotvnews.com/Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Enam kandidat bakal calon gubernur mengikuti penjaringan yang dibuka Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Selatan. Tiga kandidat lain diagendakan menyusul, jelang batas akhir pengembalian formulir penjaringan, Jumat, 4 Agustus 2017.

Mereka yang telah mengembalikan formulir, antara lain, Ketua DPD Golkar Sulsel Nurdin Halid; tokoh militer Rivai Ras; wakil gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang; pejabat Kemendagri Tanribali Lamo. Lalu Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah, serta mantan ketua KPU RI Andi Nurpati.

Ketua Desk Pilkada Sulsel Selle KS Dalle menyebutkan, tiga kandidat lain mengkonfirmasi bakal menyusul pada hari terakhir penjaringan. Masing-masing mantan bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo; legislator DPR-RI Aliyah Mustika Ilham; dan Ketua DPD Demokrat Sulsel Ni’matullah.

“Saat ini kami dalam posisi terbuka bagi semuanya, baik kader maupun nonkader. Kita akan seleksi, mana yang pas untuk Sulsel dan partai Demokrat,” kata Selle di Kantor DPD Demokrat Sulsel jalan Yusuf daeng Ngawing Makassar, Kamis, 3 Agustus 2017.

Demokrat merupakan partai terbesar kedua di Sulsel, dengan sebelas kursi di parlemen provinsi. Golkar, pesaing dengan 18 kursi telah lebih dulu menentukan bakal calon gubernur usungan. Partai beringin mendorong Nurdin Halid berpasangan senator DPD-RI Aziz Qahhar Mudzakkar.

Selle mengatakan, semua figur akan menempuh proses yang sama untuk mendapatkan rekomendasi pengusungan dari Partai Demokrat. Antara lain berupa uji publik dan survei internal. Adapun keputusan akhir berada di tangan DPP partai.

“Semua bakal calon tentu harus siap mengikuti tahapan dan mekanisme yang ada. Dalam hal ini kami hanya mengusulkan nama-nama layak ke DPP, yang jumlahnya belum bisa dipastikan,” kata Selle.

Terpisah, Nurdin Abdullah optimistis mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat. Dia mengklaim elektabilitas dan popularitasnya sebagai nilai jual lebih di antara para pesaingnya.

“Respons masyarakat juga cukup bagus. Partai-partai juga akan melirik karena saya nonpartisan,” kata Nurdin.

Adapun Andi Nurpati percaya diri mendapatkan pertimbangan khusus, mengingat statusnya sebagai kader di DPP Demokrat. “Saya siap bersaing dengan kandidat mana pun,” katanya.


(SAN)