Seluruh Logistik Pemilu akan Masuk Sistem Online

Ilham wibowo    •    Rabu, 31 May 2017 15:35 WIB
pilkada serentak
Seluruh Logistik Pemilu akan Masuk Sistem Online
Ketua KPU Arief Budiman--Antara/Aprillio Akbar

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah menyempurnakan Sistem Logistik (Silog) berbasis online. Ini dilakukan dalam upaya perbaikan akuntabilitas penyelenggaran pemilu.

"Sekarang kita sedang sempurnakan Silog, kita sedang bangun sistem," kata Ketua KPU Arief Budiman saat uji publik PKPU di kantor KPU, Jakarta Pusat, Rabu 10 Mei 2017.

Surat suara, misalnya. Menurut dia, silog surat suara secara online akan diterapkan mulai dari produsen pengadaan, yakni percetakan. Data pemantauan distribusi juga terekam online hingga ke tempat pemungutan suara.

Data silog nanti langsung ditampilkan dan terintegrasi dengan website KPU. Silog juga merupakan sistem teknologi dan informasi pemantauan logistik yang mampu menampilkan jalur distribusi logistik pemilu secara langsung. Sehingga masyarakat dengan mudah bisa turut mengawasi.

"Pabrik pasti melapor. KPU juga mesti mengkontrol pada saat dimulainya masa produksi, bukan hanya jumlah tapi juga kualitasnya," ujar Arief.

Silog ini juga dimaksudkan agar evaluasi polemik penggunaan jumlah surat suara pada pemilu sebelumnya terakomodasi. Arief mengatakan, KPU akan menyapaikan data secara transparan, ihwal pengadaan dan pemusnahan kelebihan logistik yang tidak terpakai.

"Nah nanti kita cantumkan, apakah kelebihan itu disengaja atau tidak. Kalau disengaja tentu ada sanksinya," kata Arief.


(YDH)