PDIP `Mengarah` ke Ridwan Kamil

Faisal Abdalla    •    Rabu, 03 Jan 2018 13:47 WIB
pilgub jabar 2018
PDIP `Mengarah` ke Ridwan Kamil
Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan keterangan kepada awak media mengenai pencabutan dukungan Partai Golkar, di Pendopo Wali Kota, Bandung. Foto: Antara/Raisan Al Farisi.

Jakarta: PDI Perjuangan diprediksi mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil di pemilihan gubernur Jawa Barat (pilgub Jabar). Opsi ini dianggap lebih masuk akal ketimbang PDIP membentuk poros baru.

"Saya kira PDI-P lebih cenderung bergabung dengan koalisi partai pendukung Ridwan Kamil," kata Direktur Ekekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada Medcom.id, Rabu, 3 Januari 2017.

Menurut dia, Kang Emil, sapaan Ridwal Kamil, memiliki elektabilitas tinggi di Jabar sehingga layak dilirik partai politik. Emil sudah didukung NasDem, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Di sisi lain, PDIP punya hubungan dekat dengan empat partai pendukung Emil yang membuat peluang koalisi mereka semakin lebar. "Saya kira PDIP dan partai pendukung Ridwan Kamil, katakanlah NasDem, itu erat hubungannya. Seperti satu chemistry," tukas Pangi. 

Baca: Hasto Sambut Positif Kedatangan Kang Emil

Pangi juga memprediksi kemungkinan PDIP akan menyodorkan mantan Kapolda Jabar Irjen Anton Charliyan sebagai calon wakil gubernur. Pangi menilai Anton cocok dengan Emil.

"Sampai sekarang menurut saya yang lebih menjual itu Anton Charliyan. Dan PDIP juga sudah memberi sinyal tidak akan akan mengajukan calon gubernur. Saya kira Anton Charlyan sosok yang ideal juga mendampingi Ridwan Kamil," ujar Pangi.




(OGI)