Anies-Sandi Puji Sikap Legowo Agus

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 16 Feb 2017 05:20 WIB
pilgub dki 2017
Anies-Sandi Puji Sikap Legowo Agus
Agus Harimurti Yudhoyono bersama istrinya Annisa Pohan. (ANt/Akbar Nugroho G)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasangan cagub/cawagub Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni resmi mengakui kekalahannya di Pilkada DKI 2017. Anies Baswedan mengpreasiasi sikap berjiwa besar rivalnya itu. 

Anies mengaku dirinya sempat ditelepon Agus. Namun, ia tak mengangkat lantaran sedang live di salah satu stasiun tv swasta. Selepas acara selesai, Anies buru-buru menelpon balik melalui nomor wakilnya Sylviana Murni. 

"Alhamdulillah saya sudah berkomunikasi dengan telfon dengan Mas Agus dan Mpok Sylvi, saya tadi sedang live di tv, begitu selesai saya telefon ke nomor ibu sylvi lalu bicara dengan Pak agus," kata Anies di kantor DPP Partai Keadilan Sejahtera, Jlaan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu 15 Februari 2017.

Anies sangat mengapresiasi sikap legowo Agus menerima kekalahannya di Pilkada DKI Jakarta. Anies memuji Agus sebagai tokoh muda potensial dan aset bangsa. 

"Kami saling berharap Pilkada berjalan lancar tapi saya senang, beliau mengirim pesan kepada kita semua bahwa Pilkada ini hukan hanya hasil tapi proses yang harus berjalan baik," kata Anies.

Senada dengan Anies, dalam kesempatan terpisah wakilnya Sandiaga Uno pun memuji sikap Agus. Menurut Sandi, sikap Agus mencerminkan sikap yang sangat elegan dan ksatria. Hal tersebut memberi gambaran tradisi perjuangan demokrasi di Indonesia yang sejuk dan bersahabat.

"Ini juga memperlihatkan kematangan demokrasi di Indonesia. Tulus dan ikhlas. Sebuah modal penting untuk membangun Jakarta masa depan," kata Sandi 

Calon gubernur nomor urut satu, Agus Harimurti, mengakui kekalahannya pada pilkada DKI. Dia menerima hasil ini dengan lapang dada.

Keputusan resmi seputar perolehan suara pilkada DKI memang belum dirilis KPUD DKI. Tapi, lewat hasil hitung cepat pelbagai lembaga survei, Agus dan pasanganya, Sylviana Murni, ada di posisi buncit.

Perolehan suara Agus-Sylvi tak lebih dari 17 persen. Duet Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat meraup 40 persen, sedangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno dipilih sekitar 39 persen warga Jakarta.

"Saya mengakui kekalahan saya," kata Agus dalam jumpa pers di Wisma Proklamasi, Rabu malam 15 Februari 2017.


(LDS)