Kemiskinan Penyebab Utama Gizi Buruk NTT

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 05 Apr 2018 21:40 WIB
pilgub ntt 2018
Kemiskinan Penyebab Utama Gizi Buruk NTT
Calon wakil gubernur nomor urut 2 Emelia Julia/ANT/Kornelis Kaha

Jakarta: Calon wakil gubernur nomor urut 2 Emelia Julia Nomleni gizi buruk di Nusa Tenggara Timur (NTT) bukan melulu karena faktor kesehatan. Perekonomian masyarakat yang masih di bawah standar rata-rata menjadi penyebab utama.

"Saya enggak menghubungkan dengan kesehatan, tapi bagaiamana penguatan ekonomi melawan gizi buruk. Karena kemiskinan itu penyebab utama gizi buruk," tegas Emelia dalam debat perdana Pilgub NTT, Kamis, 5 April 2018.

Baca: Marianus-Emmilia Ingin Bangun NTT dari Desa

Pasangan Marianus Sae itu menjelaskan masyarakat tak bisa memberi asupan cukup bagi anak-anaknya. Penguatan kaum perempuan sangat diperlukan dalam kondisi ini.

"Dua cita-cita kita, NTT bekerja, cukup air, cukup pangan dan memberikan akses pemodalan ekonomi pada perempuan. Supaya mereka kuat menyiapkan pangan bagi anak-anaknya," ujar Emelia.

Emelia juga mengkritisi kesadaran orang tua menyiapkan gizi yang baik. Pemerintah perlu mengintervensi  agar pola pikir orang tua di NTT berubah.

"Pemerintah harus terlibat memberikan penguatan pada masyarakat, kita tetap memberikan kebijakan untuk perempuan mendapat akses ekonomi untuk keluarga," ucap dia.


(OJE)