Emil Dardak Dorong Produksi Ekspor Kopi Malang

Daviq Umar Al Faruq    •    Selasa, 12 Jun 2018 17:46 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Emil Dardak Dorong Produksi Ekspor Kopi Malang
Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak saat berkunjung ke Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin 11 Juni 2018. Istimewa

Malang: Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elistianto Dardak mengatakan bahwa kopi asal Dampit, Kabupaten Malang memiliki potensi yang besar. Dia bakal mendorong agar kopi Dampit dapat diekspor secara besar ke luar negeri.

"Potensi kopi di Dampit sangat luar biasa, kualitas kopi robustanya diakui oleh dunia. Local demand kita tinggi," katanya saat berkunjung ke Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin, 11 Juni 2018.

Calon wakil gubernur nomor urut satu ini mengaku bahwa kawasan Dampit merupakan penghasil kopi kelas dunia. Sehingga apabila produksinya ditingkatkan maka kedepannya mampu mendorong kesejahteraan petani di kawasan tersebut.

"Itu peluang dan masih besar sekali untuk diisi baik lokal maupun ekspor, makanya produksi harus kita tingkatkan,” kata suami Arumi Bachsin ini.

Emil pun mengungkapkan bakal menerapkan inovasi Taman Teknologi Kopi di Malang. Inovasi tersebut adalah dengan menghadirkan peran pemerintah untuk melakukan pendampingan mulai hulu hingga hilir dan sebelumnya telah dicoba di Trenggalek saat dirinya masih menjabat sebagai Bupati Trenggalek.

"Curah hujan yang tinggi juga menjadi penentu rendahnya hasil biji kopi dari petani. Oleh karena itu pendekatan teknologi sangat penting diperkenalkan dan diterapkan pada para petani," terang calon wakil gubernur pasangan dari Khofifah Indar Parawansa ini.

Kunjungan Emil ke kawasan Dampit tersebut ditemani oleh mantan Wali Kota Malang serta mantan politisi PDI Perjuangan Kota Malang, Peni Suparto, Kedatangan Emil dan Peni pun langsung disambut ratusan warga di daerah tersebut.

"Saya bareng Pak Peni mengunjungi Dampit untuk meninjau langsung daerah yang dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia. Alhamdulillah sambutan warga luar biasa menyambut kami," pungkasnya.
 


(SUR)