10 Bakal Calon Gubernur Riau Melamar ke NasDem

Anwar Sadat Guna    •    Kamis, 27 Jul 2017 18:19 WIB
pilkada 2018
10 Bakal Calon Gubernur Riau Melamar ke NasDem
Sejumlah Paskibraka dengan bendera Partai NasDem. (Media Indonesia/Arya Manggala)

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Sebanyak 10 bakal calon gubernur telah mendaftarkan diri di Kantor DPW NasDem Provinsi Riau. Mereka terdiri dari kepala daerah, birokrat hingga legislator.

Sepuluh pelamar itu telah mengembalikan formulir pendaftaran. "Tim penjaringan langsung melakukan verifikasi," kata Sekretaris DPW NasDem Provinsi Riau, Fuady Noor saat ditemui Metrotvnews.com di Kantor DPW Nasdem Riau Jl Diponegoro, Kota Pekanbaru, Kamis, 27 Juli 2017.

Ke-10 nama bakal calon Gubernur Riau tersebut, yakni: Muhammad Haris (Bupati Pelalawan), Samsuar (Bupati Siak), Muhammad Lukman Edy (anggota DPR RI), Arsyadjuliandi Rachman (Gubernur Riau/Ketua DPD I Golkar Provinsi Riau).

Lantas, Irwan Nasir (Bupati Meranti), Muhammad Indra Muchlis Adenan (mantan Bupati Inhil), Edi Tanjung (anggota DPR RI/Gerindra), Insyiahwati Ayus (anggota DPD RI asal Riau), Zaeni Ismail (mantan Sekda Provinsi Riau), dan Syamsu Rizal (mantan Bupati Bengkalis).

Nama-nama itu akan dilihat tingkat elektabilitasnya oleh lembaga survei yang bekerja sama dengan NasDem. Lembaga survei tersebut, yakni Indo Barometer, Indikator, Charta Politika, MRC, Pusdeham, dan Indo Riset Konsultan.

"Hasil survei akan diberikan ke kami. Selanjutnya kami pelajari," urainya. 

Menang 7 Pilkada

Fuady mengatakan partainya intens menjalin komunikasi politik dengan pimpinan partai lain di Riau. Sebab, NasDem hanya punya tiga kursi di DPRD Riau. 

Adapun syarat untuk mengajukan calon gubernur di Pilgub 2018 minimal memiliki 13 kursi. 

"Pengalaman kami di pilkada sudah tidak diragukan, termasuk dalam hal koalisi. Pada Pilkada Serentak 2015, dari 8 pilkada di Riau, 7 di antaranya berhasil dimenangi NasDem bersama partai koalisi," jelas Fuady.

Sedangkan pada Pilkada Serentak 2017, yakni Pilkada Pekanbaru dan Kabupaten Kampar, Nasdem dan partai koalisi memenangi pilkada Kampar. "Makanya tak heran bila banyak bakal calon Rubernur Riau meminang Partai Nadem untuk maju di Pilgub mendatang," ujarnya. 

Sementara, Sekretaris DPD PAN Riau Tengku Zulmizan F Assagaf juga mengaku tengah konsolidasi untuk menghadapi Pilgub Riau 2018. Penjaringan akan dilakukan pada 19 Juli-9 Agustus.

PAN mengusung Ketua DPD PAN Riau Irwan Nasir maju di Pilgub Riau 2018. Irwan Nasir saat ini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Meranti untuk periode kedua.


(SAN)