Emil Dardak tak Perlu Mundur sebagai Bupati Trenggalek

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 28 Nov 2017 15:32 WIB
pilgub jatim 2018
Emil Dardak tak Perlu Mundur sebagai Bupati Trenggalek
Bupati Trenggalek Emil Dardak/MI/Adam Dwi

Jakarta: Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebut Emil Dardak tak perlu mundur sebagai bupati Trenggalek. Emil dipastikan mendampingi Khofifah Indar Parawansa untuk ikut Pilgub Jatim 2018.

"Undang-Undang menyebutkan kalau masih dalam satu provinsi itu dia bisa mengajukan cuti," kata Tjahjo di sela-sela peluncuran Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada Serentak 2018 Bawaslu di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa, 28 November 2017.

Tjahjo menjelaskan persoalan saat ini bukan lah cuti atau tidak. Etika berpolitik atau berdemokrasi yang harus menjadi pertimbangan.

"Ini bukan salah partai politik (yang mengusung bersangkutan untuk maju di Pilgub). Tapi, salah yang bersangkutan. Jangan sampai janji politik sebagai calon kepala daerah belum selesai, atau baru setahun, dia sudah punya target yang lain," beber bekas Sekjen PDI Perjuangan itu.

Tjahjo enggan tegas mengatakan Emil harus cuti atau bahkan mengundurkan diri. Ia hanya mengungkapkan aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kita lihat. Ini kan aturan undang-undangnya," ucap dia.


(OJE)