PPP Pecah Dukungan di Pilgub Jatim

Amaluddin    •    Kamis, 11 Jan 2018 20:32 WIB
pilgub jatim 2018
PPP Pecah Dukungan di Pilgub Jatim
Kader PPP Djan Faridz saat ikut mengantar pasangan cagub/cawagub Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno. (Medcom.id/Amal).

Surabaya: Dukungan PPP untuk Pilgub Jawa Timur 2018 pecah. Pasalnya, sebagian kader PPP sama-sama mendukung kedua kandidat cagub Khofifah Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Buktinya, kader PPP sama-sama ikut mengantar Khofifah-Indar Parawansa dan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno saat mendaftar sebagai pasangan cagub/cawagub ke KPU Jatim, Rabu, 10 Januari 2018.

Padahal, PPP resmi mendukung dan mengusung Khofifah-Emil. Namun, ada sejumlah kader PPP juga menyatakan mendukung dan mengusung Gus Ipul-Puti.

Ternyata, kehadiran PPP pada pendaftaran Gus Ipul-Puti merupakan kader PPP versi pimpinan Djan Faridz. Hingga saat ini PPP masih terbelah menjadi dua kubu, yakni PPP kubu Romahurmurziy (Romy) yang kini diakui pemerintah, serta PPP di bawah kepemimpinan Djan Faridz. 

“Saya diminta DPP di bawah naungan bapak Djan Faridz untuk memenangkan pasangan Gus Ipul-Puti,” kata Bendahara DPW PPP kubu Djan Faridz, Aunur Rofiq.

Menurut Aunur, kehadirannya saat pendaftaran Gus Ipul-Puti merupakan tindak lanjut dari rekomendasi DPP PPP. "Kami memang tidak bisa menjadi pengusung. Sebab, ada permasalahan internal kami yang belum selesai. Tapi secara oraganisatoris kami mendukung penuh pemenangan Gus Ipul," katanya.

Bukan kali ini saja, kubu Djan berbeda pandangan dengan PPP pimpinan Romy. Di Pilkada Jateng, kubu Djan mengusung pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah, sedangkan Romy mengusung Ganjar-Yasin. 

Demikian juga dengan Pilkada Jawa Barat, kubu Djan Faridz mendukung pasangan Sudrajat-Syaikhu, sedangkan kubu Romy mengusung pasangan Ridwan Kamil-UU Ruzhanul Ulum. 

Aunur pun membantah bahwa dukungannya terhadap Gus Ipul ditengarai "agar beda" dengan PPP kubu Romy. Kata Aunur, dukungan PPP kubu Djan ini diberikan semata-mata karena sosok Gus Ipul. 

"Pertimbangannya, kami melihat Gus Ipul sejauh ini sudah seusuai dengan track pembangunan di Jatim. Kami berharap Gus Ipul bisa melanjutkan trek positif tersebut," katanya. 

Meskipun tak dapat memberikan dukungan secara resmi kepada Gus Ipul-Puti, PPP versi Djan Faridz optimistis dapat menggerakkan mesin partai. “Kami memiliki struktur yang mengakar sampai tingkat cabang di Jatim. Mereka akan bergerak simultan dalam langkah pemenangan Gus Ipul-Puti," katanya.


(ALB)