Khofifah Ingin Lulusan SMK Langsung Bekerja

Dheri Agriesta    •    Selasa, 10 Apr 2018 22:25 WIB
pilkada 2018
Khofifah Ingin Lulusan SMK Langsung Bekerja
Pasangan calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Emil Elistianto Dardak. MI/Faishol Taselan.

Surabaya: Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa tak hanya fokus terhadap penguatan kualitas sekolah menengah kejuruan (SMK). Khofifah ingin lulusan SMK langsung mendapatkan pekerjaan.

"Tidak sekadar SMK semuanya grade A, kalau kami ingin SMK tertentu memiliki ruang diserap tenaga kerja luar biasa, terutama sektor pariwisata dan perhotelan," kata Khofifah dalam debat Pilkada Jawa Timur, Surabaya, Selasa, 10 April 2018.

Khofifah ingin fokus pada lulusan SMK di bidang pariwisata dan perhotelan, khususnya di daerah yang memiliki potensi wisata unggulan. Lulusan ini akan diberikan beasiswa untuk menunjang pengembangan diri.

Pemilihan sektor pariwisata bukan tanpa alasan. Sektor wisata merupakan salah satu penyumbang terbesar devisa negara.

"Kami berharap, dari SMK yang ada, yang punya basis dan potensi wisata yang bagus, ada penguatan di situ," kata dia.

Konsep Khofifah sedikit berbeda dengan calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Saefullah Yusuf alias Gus Ipul. Gus Ipul ingin memperbaiki kualitas SMK.

Gus Ipul menyebut, dari 2.000 SMK di Jawa Timur, hanya 40 persen yang memiliki akreditas A. Sisanya, hanya mengantongi akreditasi B dan C, bahkan belum terakreditasi.


(DRI)