Nurwiyatno Siap jadi Cagub maupun Cawagub Jatim

Amaluddin    •    Minggu, 16 Jul 2017 16:37 WIB
pilgub jatim 2018
Nurwiyatno Siap jadi Cagub maupun Cawagub Jatim
Nurwiyatno setelah mendaftar Pilgub Jatim melalui Demokrat. (MTVN/Amal).

Metrotvnews.com, Surabaya: Kepala Inspektur Provinsi Jawa Timur Nurwiyatno membuktikan keseriusannya maju pilgub Jatim 2018. Pria yang juga Ketua Pengurus Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI) Jatim itu mengaku ingin meneruskan kepemimpinan Soekarwo sebagai gubernur. 

Dia mengklaim para senior di PA GMNI sudah lama mengusulkan dirinya maju pilgub. Usulan yang, kata Nurwiyanto, cenderung berupa dorongan itu akhirnya tak bisa dia tolak. Harus ada pengganti Pakde Karwo memimpin Jatim dari PA GMNI, katanya.

"Pakde adalah mantan Ketua Pengurus Pusat PA GMNI. Pasangan religius-nasionalis masih jadi pasangan ideal di Jatim," katanya usai mendaftar Pilgub Jatim di DPD Partai Demokrat Jatim, di Jalan Kertajaya, Surabaya, Minggu, 16 Juli 2017.

Pria yang meminta disapa Cak Nur itu mengaku siap mundur dari Kepala Inspektorat Jatim bila partai menunjuk namanya. Nur akan pensiun mulai 1 Oktober 2018.

Cak Nur mengaku serius maju di Pilgub Jatim. Ia juga akan griliya melakukan silaturrahmi ke parpol, masyarakat, serta tokoh-tokoh di Jatim. "Intinya saya siap maju, posisi apa saja saya siap," katanya.

Cak Nur berlatar belakang birokrat. Ia berkarir selama 24 tahun di Inspektorat Jatim, mulai menjadi staf hingga sekretaris. Kemudian, tujuh tahun pernah menjabat sebagai Kepala Biro Keuangan Pemprov (era Gubernur Imam Utomo) dan Kepala BPKAD Jatim (era Pakde Karwo periode pertama). 

Cak Nur juga pernah menjabat sebagai Pj Wali Kota Surabaya (5,5 bulan) sejak September 2015. Menggantikan Tri Rismaharini yang telah habis masa jabatannya pada tahun 2015 lalu. Kemudian sejak tahun 2015 hingga saat ini menjabat sebagai Inspektorat Provinsi Jatim.

Cak Nur pernah menjadi Wakil Bendahara Pengurus Pusat PA GMNI 2010-2015, Ketua PD PA GMNI Jatim 2015-2020. 

Menurut Sekretaris PA GMNI Jatim, Onny Setiawan, ada tiga alasan Cak Nur maju mendaftar Pilgub Jatim. Pertama, Nurwiyatno adalah birokrat senior di pemprov Jatim. Kedua, Nurwiyatno dinilai mampu melakukan komunikasi politik dengan berbagai parpol di Jatim. Ketiga, Nurwiyatno adalah mantan aktivis yang memiliki jaringan politik cukup luas di Jatim.

"Tiga alasan itulah, menurut saya bahwa Nurwiyatno, figur yang layak untuk disandingkan dengan nama cagub seperti Gus Ipul, Risma maupun Khofifah dalam pilgub 2018," kata Onny.


(SAN)