Bawaslu Lantik 72 Anggota Tingkat Provinsi

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 20 Sep 2017 13:15 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Bawaslu Lantik 72 Anggota Tingkat Provinsi
Ketua Bawaslu RI, Abhan Misbah di Crowne Hotel, Jakarta, Rabu 20 September 2017--M Sholahadhin Azhar

Metrotvnews.com, Jakarta: Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 dan Pemilihan Umum (Pemilu) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) di 2019 semakin matang. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) melantik 72 anggota Bawaslu tingkat Provinsi.

"Ada 72 yang dilantik, minus 3 dari DKI Jakarta, karena habis masa baktinya pada 16 Oktober 2017 nanti," kata Ketua Bawaslu RI, Abhan Misbah di Crowne Hotel, Jakarta, Rabu 20 September 2017.

72 anggota yang berasal dari 24 Provinsi di Indonesia itu berhasil menempuh proses panjang. Antara lain yakni sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes tertulis yang terintegrasi dengan komputer ini menilai secara obyektif aspek keilmuwan dari calon anggota.

Selain itu, Tim Seleksi (Timsel) dari beberapa unsur seperti akademisi, pegiat pemilu dan tokoh masyarakat juga jadi andalan. Mereka dibekali bagaimana pentingnya kualitas seleksi dan integritas. Sehingga dalam menyeleksi, bisa menyesuaikan dengan kriteria Bawaslu pusat. "Proses pembentukan Timsel juga sangat transparan," kata Abhan.

Selanjutnya dari segi tes psikologi dan kesehatan, Bawaslu juga menggandeng Mabes Polri. Menurut Abhan, kerjasama dengan kepolisian sangat penting, sebab dalam praktiknya, aparat penegak hukum memiliki kapabilitas melaksanakan dua macam tes itu.

"Setelah proses ini, Bawaslu juga melalukan penilaian dan tanggapan masyarakat. Maka yang terpilih, mereka patut berbangga karena telah melewati serangkaian ujian yang panjang," tandas Abhan.


(YDH)