Tiga Jenderal Polisi Maju Pilkada Sudah Diganti

Dheri Agriesta    •    Senin, 08 Jan 2018 17:42 WIB
pemilu serentak 2019pilkada 2018
Tiga Jenderal Polisi Maju Pilkada Sudah Diganti
Wakapolri Komjen Syafruddin di Kantor Wapres - Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jakarta: Sebanyak tiga jenderal polisi ambil bagian dalam Pilkada Serentak 2018. Wakapolri Komjen Syafruddin mengungkapkan ketiga jenderal itu sudah mengajukan pengunduran diri dan diganti. 

"Sudah mengajukan pengunduran diri dan sudah kita ganti," kata Syafruddin di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018.

Tiga jenderal itu yakni Kepala Korps Brimob Irjen Murad Ismail yang diusung PDI Perjuangan dan Partai NasDem sebagai calon gubernur Maluku. Kapolda Kaltim Irjen Safaruddin diusung PDI Perjuangan untuk maju sebagai calon gubernur Kalimantan Timur.

Serta Wakil Kepala Lemdiklat Irjen Anton Charliyan. Anton diusung PDI Perjuangan untuk mendampingi TB Hasanuddin di Pilgub Jawa Barat.

(Baca juga: PDIP Usung TB Hasanuddin-Anton Charliyan di Pilgub Jabar 2018)

"Tanggal 5 Januari mengundurkan diri dan sudah diganti tanggal 5 Januari. Tiga-tiganya sudah diganti," tegas Syafruddin.

Meski begitu, Syafruddin tak memerinci sosok yang menggantikan tiga jenderal itu. Ia hanya menegaskan tiga jenderal itu kini tak lagi memiliki jabatan di Polri.

Jenderal bintang tiga itu mengucapkan selamat kepada ketiganya. Ia meminta tiga jenderal itu tak menyeret anggota Polri yang ada di daerah untuk berpolitik praktis. 

"Itu pesan saya, Polri harus netral. Kita ucapkan selamat, kita support sebagai kawan dan sebagai manusia, tapi institusi tidak boleh diseret dalam politik praktis," tukas Syafruddin.
 


(REN)