Ridwan Kamil Bentuk Tim Sembilan

   •    Kamis, 30 Nov 2017 07:46 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Bentuk Tim Sembilan
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Foto: Antara/Widodo.

Jakarta: Bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membentuk tim sembilan. Tim itu akan membantu untuk menentukan wakil Kang Emil di Pilgub Jabar 2018.

"Tim sembilan terdiri atas akademisi dan perwakilan masyarakat. Tim itu yang akan menentukan calon pendamping Ridwan Kamil pada pilgub nanti," kata Ketua DPW Partai NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa dikutip dari Media Indonesia, Kamis, 30 November 2017.

Tim sembilan akan melakukan seleksi terhadap sejumlah nama yang muncul selama ini. Batas waktu kerja tim berakhir di penghujung Desember dan hasil rekomendasi langsung diumumkan secara resmi pendamping Kang Emil.

Baca: Ridwan Kamil tak Mau Terburu-buru Tentukan Pendamping di Pilgub Jabar

Menurut Saan, seluruh proses uji kepatutan oleh tim sembilan akan disaksikan langsung oleh partai pengusung seperti NasDem, Golkar, PPP, dan PKB.
 
"Selain penilaian objektif dan subjektif dari Kang Emil sendiri, juga ada pertimbangan hasil konvensi dan hasil survei. Siapa pun yang lolos dalam proses ini sudah dipastikan menjadi pendamping Kang Emil," kata dia.
 
Ia menambahkan, setelah calon pendamping Emil diumumkan, tahapan Emil maju menjadi calon gubernur sudah selesai.
 
"Kita memang tinggal melakukan satu tahapan lagi, menentukan calon wakil gubernur yang akan kita umumkan Desember nanti. Posisi kita sebagai partai koalisi pengusung juga sudah semakin kuat," lanjutnya.
 
Ia menambahkan popularitas dan elektabilitas Emil sudah merata di wilayah Jawa Barat.
 
"Kalau dahulu banyak yang bilang yang kenal Kang Emil hanya warga wilayah kota dan generasi milenial atau kids zaman now, sekarang sudah merata hingga masyarakat perdesaan," puji dia.
 
Dari survei terakhir, lanjut Saan, elektabilitas Emil sudah lebih dari 30% dan popularitas mencapai 80%.

Baca: Gerindra Buka Peluang Dukung Ridwan Kamil

Sementara itu, Koordinator Wilayah Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta DPP PPP, Nurhayati Monoarfa, memastikan pihaknya terus mendampingi Bupati Tasikmalaya Ruzhanul Ulum yang digadang-gadang akan menjadi calon gubernur mendampingi Emil.
 
"Kami bertanya banyak hal. Kami ingin agar ketika terpilih, Kang Emil dan Pak Uu ini amanah, jujur, tegas, dan bebas korupsi. Meningkatkan kesejahteraan, memberantas narkoba, human trafficking. Itu beberapa PR ke depan," kata Nurhayati.




(FZN)