Emil-Uu Optimistis Lolos Tes Kesehatan

Roni Kurniawan    •    Kamis, 11 Jan 2018 19:53 WIB
pilgub jabar 2018
Emil-Uu Optimistis Lolos Tes Kesehatan
4 Paslon Pilgub Jabar usa menjalani Tes Kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Kamis 11 Januari 2018. Medcom.id/Roni

Bandung: Bakal Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) optimistis lolos tes kesehatan yang dilakukan tim dokter dari Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sebagai syarat keikutsertaan di Pilgub Jawa Barat, Kamis 11 Januari 2018. 11 jam menjalani pemeriksaan tampak membuat Emil kelelahan.

"Kenapa agak lelah? karena dimaratonkan dari dua hari menjadi sehari," cetus Emil di RSHS Bandung, Kamis 11 Januari 2018.

Meski begitu Emil mengaku proses pemeriksaan berjalan lancar. Terlebih Emil telah mempersiapkan diri dengan cara lari sepanjang 6 kilometer untuk menjalani pemeriksaan.

"Alhamdulillah lancar kebetulan sudah berlatih jogging juga berminggu-minggu sebelumnya," sambung Emil.

Senada dengan Emil, pasangannya Uu Ruzhanul Ulum optimistis lolos tes kesehatan yang dilakukan tim dokter RSHS Bandung. Uu meyakini tidak ada masalah dengan kondisi kesehatannya.

"Insyallah, mudah-mudahan saya lolos, sehingga tidak mengganggu proses pencalonan," ujar Uu ditempat yang sama. 

Uu mengatakan selama ini dirinya senantiasa menjaga kesehatan dengan baik. Salah satunya dengan menjaga pola tidur yang baik dan teratur. Bahkan pria yang kini menjabat sebagai Bupati Tasikmalaya ini mengaku tidak pernah tidur larut malam. 

"Jam 9 malam mah saya sudah tidur," sambung Uu.

Dia meyakini, dengan menjaga pola tidur yang baik, pola makan pun akan baik juga sehingga berpengaruh terhadap hal lainnya. "Sempurna tidur, tidak terlalu malam. Pola makan jadi baik, pikiran pun jadi baik," tuturnya.

Pola tidur seperti ini telah terbentuk sejak dirinya masih kecil. Sebagai putra daerah yang lahir dari pedesaan dan kultur pesantren, Uu mengaku tidak pernah begadang.

"Kebiasaan dulu, tidak suka begadang. Karena di lembur (kampung) jam 9 (21.00) lampu sudah mati," urainya.

Selain menjaga pola tidur, Uu pun mengaku rajin berolah raga dalam setiap pekannya. "Saya suka naik sepeda ontel, dan main pingpong (tenis meja)," ucapnya.

Lebih lanjut, Uu mengaku memeroleh cukup banyak pengetahuan pascamengikuti tes kesehatan ini. Salah satunya menyangkut perawatan gigi yang baik menurut dokter.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, kata Uu, dokter memberi masukan agar dirinya menggunakan sikat gigi yang berkualitas. Selama ini, dia mengaku menggunakan sikat gigi biasa.

"Selama ini saya pakai sikat gigi yang murah, yang dibelikan istri. Tapi kata dokter, ternyata harus pakai sikat gigi yang mahal,  biar tidak merusak ke gusi," pungkasnya.



(ALB)