Anies Mengingat Jihad Seorang Ibu di HUT ke-48

M Sholahadhin Azhar    •    Minggu, 07 May 2017 16:30 WIB
pilgub dki 2017
Anies Mengingat Jihad Seorang Ibu di HUT ke-48
Anies Baswedan/MTVN/Adin

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan tak membicarakan banyak hal di peringatan hari ulang tahunnya yang ke-48, Minggu 7 Mei 2017. Ia memilih mengingat dan menceritakan soal perjuangan ibu.

"Makna ulang tahun bukan tentang saya, tapi memperingati jihad seorang Ibu," kata putra Aliyah Rasyid itu saat menghadiri tasyakuran warga di Pasar Manggis, Jakarta Pusat, Minggu 7 Mei 2017.

Saat melahirkan, ibu berada pada kondisi kritis, bahkan di ambang batas hidup dan mati. Hari ulang tahun, kata dia, harus dimaknai lebih dari sekadar lahirnya diri, namun juga perjuangan ibu.

"Kalau saat itu berpulang maka statusnya syahidah, kita berulang tahun, kita merayakan perjuangannya," ucap bekas Mendikbud itu.

Itu pula yang menjadi latar belakang kebijakan Anies ketika sudah resmi menjabat, Oktober mendatang. Ia bakal meningkatkan fasilitas kesehatan di DKI Jakarta, khususnya bagi ibu melahirkan.

Mereka harus ditangani semaksimal mungkin. Langkah itu bisa menekan angka kematian ibu saat melahirkan.

"Supaya ibu yang melahirkan di sini bisa pulang membawa bayinya. Tak boleh lagi kita mendengar ibu yang melahirkan di Jakarta, setelah melahirkan dia diantarkan ke kubur," ucap dia.


(OJE)