PPP Isyaratkan Dukung Ridwan Kamil

Antara    •    Rabu, 07 Jun 2017 09:35 WIB
pilkada jabar
PPP Isyaratkan Dukung Ridwan Kamil
Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy. Foto: Antara/Yudhi Mahatma.

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengisyaratkan akan mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur Jawa Barat pada pilkada 2018. Komunikasi dengan Kang Emil, sapaan Ridwan, pun sudah dilakukan.

"Menghadapi pilkada Jawa Barat, PPP sudah membangun komunikasi pada sejumlah figur, tapi komunikasi yang paling intensif dengan Ridwan Kamil," kata Ketua Umum PPP Muhammad Romahurmuziy di Jakarta, Rabu 7 Juni 2017.

Menurut Romy, hasil survei dari beberapa lembaga survei menunjukkan Kang Emil memiliki popularitas dan elektabilitas tertinggi. Survei Indo Baromoter menyimpulkan Ridwan Kamil memiliki elektabilitas 31,4 persen, kemudian Deddy Mizwar (20,5 persen), Dedi Mulyadi (12,6 persen), Dede Yusuf (6,9 persen), dan Rieke Diah Pitaloka (2 persen).

Hasil survei  Indo Riset Konsultan menyimpulkan Ridwan Kamil memiliki elektabilitas tertinggi yakni 37,50 persen. Dia disusul Deddy Mizwar (29,17 persen), Dede Yusuf (15,25 persen), Dedy Mulyadi (4,42 persen), Desy Ratnasari (2,67 persen), Bima Arya Sugiharto (1,67 persen), Uu Ruzhanul Ulum (1,50 persen).

Baca: Didukung NasDem, Elektabilitas Emil Naik

Menurut Romy, PPP juga sudah menawarkan Ridwan Kamil untuk diusung sebagai calon gubernur Jawa Barat. Ridwan Kamil juga memberikan 'lampu hijau'.

Romy menjelaskan, PPP akan membahas figur yang akan diusung pada pilkada Jawa Barat pada rapat pimpinan nasional (rapimnas) dan akan diumumkan setelah Lebaran. Ketika ditanya soal kader PPP sekaligus Bupati Tasikmalaya Uu Ruzanul Ulum, menurut Romy, pihaknya juga sudah berkomunikasi.

Uu terganjal karena tidak masuk dalam tiga besar figur yang memiliki elektabilitas tertinggi. Romy pun menilai Uu adalah sosok yang loyal terhadap partai.



(OGI)