Emil Tekankan Pentingnya Koordinasi dalam Penyelesaian Banjir Bandung

Dheri Agriesta    •    Senin, 14 May 2018 22:22 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Emil Tekankan Pentingnya Koordinasi dalam Penyelesaian Banjir Bandung
Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 1 Ridwan Kamil. ANT/Adeng Bustomi.

Depok: Calon Gubernur nomorr urut 1 Jawa Barat Ridwan Kamil ditanya terkait bencana banjir yang menyerang Kota Bandung saat ia menjabat sebagai Wali Kota Bandung. Emil mengatakan, masalah banjir tak bisa diselesaikan seorang wali kota.

Ridwan menjelaskan, Kota Bandung dikelilingi beberapa kota lain, seperti Kabupaten Bandung. Tak jarang, banjir terjadi di daerah yang berbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Bandung.

"Begini Pak Syaikhu, kalau kita tinggal di kompleks, rumah kita keren, tapi tetangga tidak terurus, kita tidak bisa menegur tetangga, karena sederajat, ada etika," jelas Ridwan menjawab pertanyaan Cawagub nomor urut 3 Akhmad Syaikhu dalam debat Pilkada Jawa Barat di Balairung UI, Depok, Senin, 14 Mei 2018.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengibaratkan bupati dan wali kota sebagai pemilik rumah. Sementara, gubernur ibarat ketua rukun tangga (RT) di dalam kompleks. 

Sosok ketua RT dibutuhkan untuk mengurusi permasalahan ini. Ketua RT bisa mengumpulkan warga untuk rapat menindak pemilik rumah yang tak terurus di lingkungan kompleks.

"Jadi selama ini peran itu yang hilang dalam mengoordinasikan Bandung Utara dengan kesetaraan, tanpa suuzon, dan prasangka supaya bermaslahat. Saya tadi bilang, kalau ingat Bandung (Utara) televisi suka nulisnya (Kota) Bandung, padahal itu kabupaten," jelas Emil.

Mantan Wali Kota Bandung itu mengklaim bekerja keras membenahi masalah banjir di Bandung. Namun, setelah akar masalah ditemukan, Emil kehilangan taring menyelesaikan karena bukan wewenangnya.

"Kalau mau jujur, penyelesaiannya banyak. Tapi kalau kita teliti sumber air dari atas, (jadi) tidak bisa dikendalikan," jelas Emil.


(DRI)