NasDem Masih Menjajaki Cagub Jateng

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 23 Aug 2017 12:26 WIB
pilgub jateng 2018
NasDem Masih Menjajaki Cagub Jateng
Ilustrasi. Foto: Antara/Dewi Fajriani

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem belum menentukan siapa yang akan diusung menjadi calon dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah pada 2018. Partai besutan Surya Paloh ini masih gencar melakukan survei.

"Masih penjajakan sambil terus melakukan survei. Setiap hari kami mengevaluasi pemberitaan di daerah, bagaimana perkembangannya," kata Sekretaris Jenderal Partai NasDem Nining Indra Saleh kepada Metrotvnews.com, Rabu 23 Agustus 2017.

Nining juga enggan menyebut nama-nama kandidat yang dibidik untuk dicalonkan. Menurutnya, NasDem masih mencari putra terbaik daerah. "Pokoknya, nanti waktu mendaftar, kita sudah siap," katanya.

Waktu pendaftaran calon yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk Pilkada 2018 yakni pada Januari 2018. Diperkirakan batas terakhir penyodoran pasangan calon sebulan setelahnya, atau pada awal Februari.

PDI Perjuangan dan PPP mengisyaratkan akan memajukan calon inkumben Ganjar Pranowo. Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut akan memprioritaskan kader.

"Berdasarkan mekanisme partai, kepala daerah yang sedang menjabat maupun wakil kepala daerah mendapat priroitas untuk dicalonkan," katanya.

Namun, ia menegaskan keputusan mencalonkan Ganjar belum final. Alasannya, momentum pilkada adalah saat evaluasi kepemimpinan dilakukan. "Kami akan mengevalusasi kepemimpinan Ganjar," ujar Hasto.

Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pencalonan Pemilihan Kepala Daerah mensyaratkan parpol atau gabungan parpol bisa mengusung pasangan calon di pilkada dengan catatan memiliki 20 kursi di DPRD Jawa Tengah.

PDI Perjuangan paling banyak menguasai kursi DPRD Jateng, yakni 27 kursi. Menyusul PKB 13 kursi, Gerindra 11 kursi, PKS dan Golkar masing-masing 10 kursi, Demokrat 9 kursi, PAN dan PPP masing-masing 8 kursi, dan NasDem memperoleh 4 kursi. Total ada 100 kursi.


(UWA)