Koalisi 'Semangka' Diprediksi Efektif di Jawa Timur

   •    Jumat, 14 Jul 2017 10:29 WIB
pilgub jatim 2018
Koalisi 'Semangka' Diprediksi Efektif di Jawa Timur
Ilustrasi. MTVN

Metrotvnews.com, Surabaya: Pengamat politik Surabaya Survey Center Surokim memprediksi koalisi 'semangka' atau hijau-merah efektif di Pilkada Jawa Timur 2018. Mayoritas warga Jawa Timur, menurutnya, ingin dipimpin sosok dari kalangan Nahdlatul Ulama dan nasionalis.

"Realitas politik di Jawa Timur memang didominasi kalangan Nahdliyin dan nasionalis, sehingga wajar jika kedua kalangan itu akan menjadi kekuatan penting dalam geopolitik di sini," kata Surokim di Surabaya, Jumat 14 Juli 2017.

Klik: PKB Konsisten Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim

Prediksi tersebut juga merujuk hasil penelitiannya pada Juni 2017, yaitu mayoritas responden yakni masyarakat pemilih di Jawa Timur menginginkan gubernur dari kalangan Nahdlatul Ulama.

"Publik Jawa Timur berpendapat, jika calon gubernur dari kalangan NU maka seyogyanya pendampingnya dari kalangan politisi, terutama dari kalangan nasionalis," ucapnya.

Sebanyak 24,4% responden mendukung koalisi 'semangka'. 16,9% persen menginginkan cawagub juga dari NU, 11,4% berpendapat cagub seharusnya dari kalangan Muhammadiyah. Responden yang menjawab sebaiknya cawagub dari unsur pengusaha sebanyak 8,9%.

"Menilik data tersebut semakin mengukuhkan koalisi hijau-merah efektif di Pilkada Jatim," kata dosen Universitas Trunojoyo Madura tersebut. (Antara)

 


(TRK)