Paslon Sulaiman Tambah Alat Bukti, KPU Jepara Buka Kotak Suara

Rhobi Shani    •    Senin, 20 Mar 2017 10:31 WIB
perselisihan pilkada serentak
Paslon Sulaiman Tambah Alat Bukti, KPU Jepara Buka Kotak Suara
KPU Jepara membuka kota suara untuk keperluan sidang gugatan PHP -- MTVN/Rhobi Shani

Metrotvnews.com, Jepara: Pasangan calon bupati dan wakil bupati Jepara Subroto-Nur Yahman (Sulaiman) mengajukan alat bukti tambahan pada sidang pendahuluan Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Jepara 2017 di Mahkamah Konstitusi (MK). Alat bukti yang diajukan berupa 328 tempat pemungutan surat (TPS) tidak sah.

"Sebelumnya hanya menyebut angka (suara tidak sah, red). Ternyata, pada sidang awal kemarin ada penambahan daftar TPS-nya. Karena ada penambahan alat bukti tersebut, KPU (Komisi Pemilihan Umum) Jepara akhirnya harus membuka sejumlah kotak suara sebagai dasar memberikan jawaban," kata Komisioner KPU Kabupaten Jepara Koko Suhendro, Senin, 20 Maret 2017.

Koko menjelaskan, pembukaan kotak suara dilakukan pada Sabtu, 17 Maret 2017. Kepolisian dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jepara turut menyaksikan proses pembukaan kotak suara.

"Pembukaan ini untuk keperluan persidangan. Kami mengacu pada PKPU Nomor 15 Tahun 2016, pembukaan kota suara diperbolehkan untuk keperluan persidangan," terang Koko.
 
Saat ini KPU Jepara masih proses menyusun jawaban gugatan dari pemohon.


(NIN)