32 Dokter Dilibatkan Tes Kesehatan Calon Gubernur Riau

Anwar Sadat Guna    •    Jumat, 12 Jan 2018 17:39 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
32 Dokter Dilibatkan Tes Kesehatan Calon Gubernur Riau
Direktur RSUD Arifin Ahmad, dr Nuzelly Husnedi

Pekanbaru: Sebanyak 32 dokter dilibatkan dalam pemeriksaan kesehatan bakal calon Gubernur dan Gubernur Riau 2018. Seluruh dokter merupakan gabungan dokter spesialis dan umum yang didatangkan khusus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Riau. 

Direktur RSUD Arifin Ahmad, Nuzelly Husnedi mengatakan, puluhan dokter tersebut mulai bekerja di hari pertama tes kesehatan, yakni saat psikiatri atau tes kejiwaan dan tes hari kedua saat pemeriksaan fisik dan darah. 

"Totalnya ada 32 dokter. Semuanya berasal dari IDI Provinsi Riau. Sejak pagi tadi hingga besok di hari kedua tes kesehatan, tim dokter akan siaga memeriksa kesehatan terhadap empat pasangan calon," ujar Nuzelly saat ditemui Medcom.id di ruang kerjanya, Jumat, 12 Januari 2018. 

Sama seperti Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Riau dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Riau, seluruh dokter yang terlibat dalam pemeriksaan kesehatan ini adalah tim independen. 

"Tidak ada pihak manapun yang dapat mencampuri dan mengintevensi kinerja tim dokter, maupun BNNP dan Himpsi," ungkap Nuzelly. Pemeriksaan atau tes fisik dan narkoba pada hari kedua besok, kata dia, tetap diadakan di lantai 5 RSUD Arifin Ahmad. 

Untuk menghadapi pemeriksaan kesehatan tersebut, Nuzelly menyarankan agar para bakal calon tidak makan dan minum selama 10 jam jelang tes berlangsung. Ia juga menyarankan agar para bakal calon tidur yang cukup supaya stamina tetap terjaga. 

"Harus berpuasa selama 10 jam. Saran kami supaya istirahat yang cukup karena tes besok berlangsung dari pagi hingga siang hari. Pola makan sebelum puasa tetap harus dijaga," sarannya. 

Terkait dengan hasil tes kesehatan dan narkoba para bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2018, sambung Nuzelly, nantinya akan diplenokan oleh masing-masing tim yakni IDI, Himpsi, dan BNNP Riau. Pleno tersebut rencananya digelar Senin depan.

"Hasil pleno tes kesehatan dan narkoba bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau akan diserahkan kepada KPU. Nantinya KPU yang akan mengumumkan hasilnya didampingi ketua tim tes kesehatan para bakal calon," paparnya. 

"Harapan kita, dua hari setelah tes kesehatan (fisik dan narkoba) selesai, hasilnya sudah bisa diserahkan ke KPU Riau," tambahnya. Sementara itu, bakal calon Gubernur Riau, Firdaus menyatakan siap mengikuti tes kesehatan di hari kedua besok. 

"Tak ada persiapan khusus untuk tes di hari kedua nanyi. Intinya kami siap mengikuti tes fisik dan narkoba besok," ujarnya. Diberitakan sebelumnya, empat pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 mengikuti tes psikologi dan psikiatri di RSUD Arifin Ahmad, Jumat, 12 Januari 2018. 

Mereka adalah; Syamsuar-Edy Nasution (PAN, Nasdem, PKS), Firdaus-Rusli Effendi (Partai Demokrat-PPP), Lukman Edy-Harianto (PKB-Gerindra), dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno (Partai Golkar, PDIP, dan Hanura). 


(ALB)