Nasdem Target Sapu Bersih Kemenangan Pilkada 2018 di Jawa

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 12 Jul 2017 04:42 WIB
pilkada 2018
Nasdem Target Sapu Bersih Kemenangan  Pilkada 2018 di Jawa
Partai Nasdem.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tiga provinsi terbesar di Pulau Jawa akan menggelar Pilkada serentak 2018. Partai Nasional Demokrat (Nasdem) target memenangkan semuanya.

"Tiga Jawa itu kita targetkan kemenangan. Oleh karena itu kita coba susun yang baik," kata Ketua DPP Partai Nasdem Taufiq Basari saat dihubungi Metrotvnews.com, Selasa 11 Juli 2017.

Salah satu strateginya, Nasdem masih mengkaji dalam-dalam siapa calon yang bakal diusung partai. Salah satu nama yang paling mencuat dan resmi dideklarasikan adalah Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Nasdem sedang intensif komunikasi politik antar partai untuk mengusung sosok yang karib disapa Kang Emil itu. Sejauh ini, kata Taufiq gayung bersambut positif dari beberapa partai. Hal itu tak lain karena dalam beberapa survei elektabilitas Emil unggul.

"Tinggal kita tunggu proses di masing-masing partai yang juga ingin bersama-sama dukung kang Emil," ujar Taufiq.

Untuk Jawa Timur, Nasdem masih mengkaji. Namun, nama yang paling mengerucut tertuju pada dua sosok Saifullah Yusuf dan Khofifah Indar Parawansa. Sementara, Jawa Tengah beberapa nama muncul namun masih dalam kajian internal Partai Nasdem untuk diusung.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat segera kita putuskan," ucap Taufiq.

Kata Taufiq, faktor kemenangan di Pulau Jawa amat penting untuk mengukur peta kekuatan partai menjelang Pilpres dan Pileg 2019 yang akan digelar bebarengan. Dengan  jumlah penduduk terbesar dibandingkan pulau lainnya, Jawa menjadi barometer peta perpolitikan nasional.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dimulai Oktober tahun ini. Ada 171 pilkada yang pemungutan suaranya pada 27 Juni 2018.


(LDS)