Oded Sah Wali Kota Terpilih Bandung

Roni Kurniawan    •    Rabu, 25 Jul 2018 15:46 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Oded Sah Wali Kota Terpilih Bandung
Suasana rapat pleno terbuka penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung terpilih yang diselenggarakan oleh KPU Kota Bandung, Rabu, 24 Juli 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan

Bandung: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung telah menetapkan Oded M Danial sebagai Wali Kota Bandung terpilih periode 2018-2023. KPU Kota Bandung membaca ketetapan ini saat menggelar rapat pleno terbuka hasil Pilwalkot Bandung pada Rabu, 24 Juli 2018.

Menurut Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok, Oded yang berpasangan dengan Yana Mulyada diusung oleh Partai Gerindra dan PKS memperoleh 634.682 suara. Sekitar 50,10 persen dari total suara sah.

"Kita sudah tetapkan wali kota terpilih yaitu Pak Oded M Danial setelah melalui proses perhitungan rekapitulasi suara yang dilakukan oleh KPU Kota Bandung," kata Rifqi usai rapat pleno terbuka.

Proses Pilwakot Bandung setelah perhitungan suara tidak ada sengketa atau gugatan dari paslon lain baik pasangan Nurul Arifin-Choirul Yaqin Hidayat maupun pasangan Yossi Irianto-Aries Supriatna.

"KPU Kota Bandung tidak ada sengketa, maka harus bisa ditetapkan maksimal hari ini," sambungnya.

Selanjutnya, lanjut Rifqi, KPU menyerahkan hasil penetapan Pilwalkot ke DPRD Kota Bandung untuk segera melakukan rapat paripurna istimewa. Hal itu guna memastikan jadwal pelantikan yang rencananya akan dilakukan pada 20 September 2018 mendatang oleh Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil di Gedung Sate.

"Untuk selanjutnya nanti diharapkan pimpinan dewan untuk mengadakan sidang paripurna dan pada saatnya diproses untuk dilakukan pengesahan dan pelantikan," pungkasnya.


 


(SUR)