KPU DKI Siapkan Lembaran Khusus bagi Tuna Netra

LB Ciputri Hutabarat    •    Rabu, 11 Jan 2017 17:18 WIB
pilgub dki 2017
KPU DKI Siapkan Lembaran Khusus bagi Tuna Netra
Ketua KPU DKI Sumarno (kedua dari kanan) -- MTVN/LB Ciputri Hutabarat

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menyiapkan kertas bantu surat suara bagi penyandang tuna netra. Surat suara khusus itu akan dilengkapi dengan huruf braille.

"Surat suara nantinya akan diselipkan dengan lembaran yang dilengkapi dengan huruf braille. Surat suara dapat dilipat laiknya surat suara kebanyakan," terang Ketua KPU DKI Sumarno di kantornya, Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Rabu (11/1/2017).

Saat ini, KPU DKI sudah menyiapkan 7.292.619 surat suara. Sedangkan, jumlah daftar pemilih tetap DKI sebanyak 7.108.589. Menurut peraturan, KPU DKI harus menyiapkan 2,5 persen kertas suara untuk tiap TPS, ditambah 2.000 kertas suara yang disiapkan untuk pemilihan ulang.

"Setelah surat suara selesai diproduksi, kami akan lakukan proses sortir untuk memastikan surat suara dalam kondisi baik," ujar Ketua Divisi Logistik KPU DKI M. Fadlillah.

Surat suara diperkirakan diterima KPU DKI pada 24 Januari. Setelahnya, KPU DKI akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk melakukan distribusi.

"Distribusi awal akan dimulai dari Kepulauan Seribu," ujar dia.


(NIN)