Sudirman Said Pimpin Tim Sinkronisasi Anies-Sandi

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 10 May 2017 09:30 WIB
pilgub dki 2017
Sudirman Said Pimpin Tim Sinkronisasi Anies-Sandi
Mantan Menteri ESDM Sudirman Said menjadi pimpinan Tim Sinkronisasi Anies-Sandi/ANT/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur terpilih DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya merilis anggota Tim Sinkronisasi setelah membentuk tim pengarah dan tim pakar pada Senin 8 Mei. Tim beranggotakan mantan akademisi dan beberapa figur yang pernah duduk di kabinet hingga birokrat.

Anies mengatakan, nama-nama anggota Tim Sinkronisasi merupakan hasil konsultasi dengan tim inti pemenangan dari unsur PKS dan Gerindra. Tim ini diketuai mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral periode 2014-2016 Sudirman Said.

Bekas Mendikbud itu menjelaskan, tim bakal bekerja sambil menunggu Anies-Sandiaga Uno resmi menjabat, Oktober 2017. “Jadi kami langsung kerja dan turun ke lapangan. Tanpa perlu persiapan lagi,” kata Anies melalui keterangan tertulis, Rabu 10 Mei 2017.

Tim beranggotakan delapan individu berlatar belakang kalangan professional dari beberapa bidang. Tugas utama mereka ialah menyusun referensi dan menerjemahkan program dan janji Anies-Sandi ke dalam RAPBD 2018 dan RPJMD 2018-2022.

Aktivis perempuan Edriana Noerdin dan mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Wamen PAN & RB) 2011-2014 Eko Prasojo dimasukkan dalam tim. Ada pula mantan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta 2010-2013 Fadjar Pandjaitan, advokat HMBC Rikrik Rizkiyansyah, dan pakar tata kota Marco Kusumawijaya.

Anies- Sandi juga memasukkan mantan Deputi di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) M. Hanief Arie Setyanto. Terakhir, pegiat gerakan sosial dan lingkungan hidup Untoro Hariadi menjadi anggota merangkap  sekretaris tim.

Anies berharap melalui pembentukan Tim Sinkronisasi, kerja Anies-Sandi bisa segera dilakukan semenjak hari pertama. “Semoga bisa dengan cepat melayani masyarakat,” ucap Anies.


(OJE)