Pengganti Khofifah Harus Sepadan

Dheri Agriesta    •    Selasa, 28 Nov 2017 17:12 WIB
pilgub jatim 2018
Pengganti Khofifah Harus Sepadan
Mensos Khofifah Indar Parawansa. Foto: MI/Arya Manggala.

Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa bertekad maju dalam pilkada Jawa Timur 2018 bersama Bupati Trenggalek Emil Dardak. Jika nantinya Khofifah mundur dari kabinet, pemerintah pun akan mencari pengganti yang bisa melanjutkan kinerjanya.

"Sanggup apa tidak dia melanjutkan usaha Ibu (Khofifah). Ibu Khofifah kan termasuk menteri yang cukup baik," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 28 November 2017.

Kalla tak mempermasalahkan asal usul dan latar belakang sosok pengganti Khofifah. Namun, sosok tersebut setidaknya harus bisa menyamai prestasi Ketua Umum Muslimat Nahdlatul Ulama itu.

Dia belum mengetahui perihal surat pemberitahuan yang dikirimkan Khofifah kepada Sekretariat Negara. Dia juga tak bicara banyak saat ditanya apakah Khofifah perlu mengundurkan diri.

Di sisi lain, Kalla menuturkan pekerjaan sebagai menteri membutuhkan konsentrasi luar biasa. Menteri sosial tak hanya sibuk secara birokrasi, tetapi juga kerap berurusan langsung dengan masyarakat. 

Baca: Emil Dardak tak Perlu Mundur sebagai Bupati Trenggalek

Orang nomor dua di republik ini mengatakan nasib Khofifah di Kabinet Kerja ada di tangan Presiden Joko Widodo. Kalla yakin Presiden Jokowi akan membahas nasib Khofifah ke depan. 

"Ini demi Ibu Khofifah sendiri juga supaya intensif waktunya. Kan sisa 8 bulan ya, 7 bulan pilkada kalau tidak intensif 7 bulan bisa sulit," jelas Kalla.




(OGI)