Sanksi Disiapkan bagi Calon Bupati Bogor yang Belum Mundur

Rizky Dewantara    •    Selasa, 13 Feb 2018 14:29 WIB
pilkada 2018
Sanksi Disiapkan bagi Calon Bupati Bogor yang Belum Mundur
Ilustrasi. MTVN/M Rizal

Bogor: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor beri batas waktu hingga 17 Februari 2018 untuk para pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Bogor yang masih berstatus anggota DPRD, anggota TNI, maupun anggota Polri, untuk mundur. Sebelum batas waktu itu, surat pengunduran diri harus sudah dikeluarkan dari instansi terkait. 

“Tanda terima pengunduran diri dari lembaga yang akan mengeluarkan surat pemberhentian harus masuk ke KPU paling lambat lima hari setelah ditetapkan. Berarti 17 Februari,” kata Ketua KPU Kabupaten Bogor, Haryanto Surbakti, ditemui di Gedung Tegar Berima, Cibinong, Jawa Barat, Selasa, 13 Februari 2018.

Paslon yang melanggar ketentuan tersebut, sambung Haryanto, akan dikenakan sanksi oleh KPU Kabupaten Bogor. Namun, Haryanto enggan menyebut sanksi yang bakal diberikan. 

“Nanti ada. Pokoknya wajib menyerahkan surat pengunduran diri paling lambat 17 Februari 2018,” ujarnya.

Beberapa anggota DPRD Kabupaten Bogor yang maju di Pilkada 2018 yakni Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhandi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Yasin Munawaroh, dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor Iwan Setiawan.
 
Salah satu calon bupati, Ade Yasin Munawaroh, mengatakan sudah mengajukan pengunduran diri ke DPRD Kabupaten Bogor.  Sehingga, dia mengaku sudah tak lagi berkantor di Gedung DPRD Kabupaten Bogor. 

“Surat pengunduran diri sudah. Jadi setelah penetapan ini saya tidak lagi ngantor, kecuali ada hal-hal yang belum diselesaikan,” kata dia, di Gedung Tegar Beriman Cibinong, Jawa Barat, Selasa, 13 Februari 2018.

Calon bupati Ade Ruhandi mengaku sudah mengundurkan diri dari kursi anggota DPRD Kabupaten Bogor sejak beberapa waktu lalu. 

“Sebetulnya pengunduran diri saya sudah dari sebulan sebelumnya. Administrasinya sudah masuk. Tapi, di DPRD menunggu penetapan paslon terlebih dahulu," terangnya.


(LDS)