Atasai Kemiskinan di Jabar, Pasangan Asyik Gunakan Teori Pasang Surut

Sunnaholomi Halakrispen    •    Selasa, 13 Mar 2018 08:49 WIB
pilgub jabar 2018
Atasai Kemiskinan di Jabar, Pasangan Asyik Gunakan Teori Pasang Surut
Pasangan cagub-cawagub Jabar Sudrajat-Ahmad Syaikhu

Jakarta: Penurunan tingkat kemiskinan di Jawa Barat menjadi salah satu fokus dari pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Sudrajat-Ahmad Syaikhu atau dikenal dengan nama pasangan Asyik. Saat ini tingkat kemiskinan di Jabar  masih berada di angka delapan persen.

Sudrajat mengatakan untuk menurunkan angka tersebut, pihaknya menggunakan cara menaikkan angka ekonomi di Jawa Barat dengan memakai teori pasang surut.

Kesenjangan dan kemiskinan menjadi hal yang harus diperhatikan dan renta kemiskinan di Provinsi Jawa Barat diperkirakan mencapai di atas 8%. Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Sudrajat-Ahmad Syaikhu (ASYIK) akan mengatasi permasalahan tersebut dengan teori pasang-surut.

“Kalau air laut itu naik, pasang, maka seluruh kapal itu akan naik. Sehingga kunci dari pembangunan ekonomi secara menyeluruh intinya adalah faktor ekonomi harus diwujudkan,” ujar Sudrajat pada Senin, 12 Maret 2018 dalam Debat Pilgub Jabar.

Untuk menaikkan ekonomi di Jawa Barat, pasangan calon kepala daerah nomor urut tiga ini berfokus pada peningkatan investasi yang tentunya akan mendorong pembangunan ekonomi kemodal, dan pembangunan ekonomi kerakyatan.

“Melalui pemberdayaan masyarakat atau sumber daya manusia, pendidikan, dan investasi yang friendly. Maksud saya iklim investsi yang sangat kondusif, itu yang diharapkan,” tutur dia.

Iklim investasi kondusif yang dimaksudkan terkait dengan perizinan. Menurutnya, sistem perizinan harus mulai dipermudah dan dipersingkat.

“Dan tidak ada lagi pungli-pungli di bawah meja atas izin industri,” tandas dia.

Lebih jauh, pasangan calon ini memaparkan bahwa birokrasi di tingkat provinsi, wali kota, dan kabupaten harus mendukung ekonomi serta pro dengan pertumbuhan rakyat demi terbangunnya kesejahteraan.


(SCI)