Penjaringan Kepala Daerah, PKB tak Tutup Pintu Bagi Kader Non Parpol

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 11 Jul 2017 14:40 WIB
pilkada serentak
Penjaringan Kepala Daerah, PKB tak Tutup Pintu Bagi Kader Non Parpol
Ilustrasi--Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai membuka pendaftaran calon kepala daerah untuk Pilkada serentak 2018. Pendaftaran akan dibuka di masing-masing DPW dan DPC.

"Bulan ini kita sudah membuka pendaftaran calon-calon itu, setelah verifikasi administrasi dilanjut dengan fit and proper test calon-calon," kata Wasekjen DPP PKB Abdul Malik Haramain di komplek Parlemen, Jakarta Pusat, Selasa 11 Juli 2017.

PKB tidak menutup pintu bagi kader-kader non partai untuk masuk penjaringan calon kepala daerah. Meski, kader-kader partai yang layak dan potensial akan diprioritaskan.

Proses penjaringan akan dilakukan DPW dan DPC masing-masing wilayah. Sementara, fit and proper test akan dilakukan tingkat DPP dilanjutkan dengan surat keputusan resmi. "Atas usulan dan pertimbangan DPC dan DPW," ujarnya.

Meski pada akhirnya penetapan pasangan calon tergantung pada komposisi koalisi partai di masing-masing daerah. Namun, di beberapa daerah seperti Jawa Timur, PKB pede mengusung Gus Ipul untuk maju sebagai Cagub di Pilkada 2018.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadwalkan tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2018 dimulai Oktober tahun ini. Ada 171 pilkada yang pemungutan suaranya pada 27 Juni 2018.


(YDH)