Penyerapan Anggaran Pendidikan Sumut Perlu Dibenahi

Damar Iradat    •    Sabtu, 12 May 2018 20:13 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Penyerapan Anggaran Pendidikan Sumut Perlu Dibenahi
Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi--Medcom.id/Arga Sumantri

Medan: Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, penyerapan anggaran dalam bidang pendidikan di Sumatera Utara perlu diperbaiki. Oleh karena itu, program pendidikan harus dilakukan secara maksimal. 

Menurut Edy, anggaran pendidikan yang dianggarkan oleh APBD bisa diserap oleh Pemprov Sumut, lantaran pengaturan program. Hal ini yang perlu dibicarakan lebih lanjut. 

"Anggaran ini, sekarang walaupun kecil, tapi belum terserap secara maksimal. Yang mau kita persoalkan, membenarkan, adalah programnya," kata Edy Rahmayadi dalam debat Publik Kedua Pilkada Sumatera Utara 2018 di Hotel Adi Mulia, Jalan Diponegoro, Medan, Sabtu, 12 Mei 2018.

Menurut dia, dengan program-program pendidikan yang tepat akan membuat target tercapai. Namun begitu, menurut dia, program prioritas bukan sekadar pendidikan formal. 

Mantan Pangkostrad itu menyebut, saat ini pendidikan formal memang terus dikejar. Sayangnya, di sisi lain, ilmu budi pekerti tertinggal.


"Program prioritas bukan kepada pendidikan formal. Kita kejar pendidikan formal, tapi ilmu budi pekerti kita ketinggalan saat ini," tuturnya. 

Ia juga berencana menghidupkan kembali, menyatukan, serta memberikan kurikulum yang jelas, kepada pendidikan nonformal seperti pesantren dan sekolah-sekolah di luar pendidikan formal yang bisa diwadahi.

"Terakhir, live learning, pendidikan menuntut ilmu yang panjang agar manusia memiliki budi pekerti," tegasnya. 


(DMR)