Debat Pilkada Makassar Dirancang Seperti Talkshow

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 11 May 2018 18:40 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Debat Pilkada Makassar Dirancang Seperti <i>Talkshow</i>
Pasangan calon tunggal di Pilkada Makassar Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi. Medcom.id/ANDI AAN PRANATA

Makassar: KPU Kota Makassar, Sulawesi Selatan, tetap mengagendakan debat publik kandidat untuk Pemilihan Wali Kota tahun 2018. Debat putaran kedua tetap digelar meski saat ini Pilkada Makassar menyisakan pasangan calon tunggal.

Komisioner KPU Makassar Rahma Saiyed mengatakan debat kedua rencananya digelar pertengahan Juni mendatang. KPU masih akan berembuk untuk memastikan lokasi dan waktunya, meski usulan awal digelar di Jakarta.

"Temanya sedang dikonsep," kata Rahma di Makassar, Jumat, 11 Mei 2018.

Pilkada Makassar menyisakan satu pasangan calon, yakni Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi. Sebelumnya KPU menggugurkan pasangan Mohammad Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari.

Baca: Empat dari 13 Pilkada di Sulsel Bakal Bercalon Tunggal

Debat tetap digelar karena termasuk tahapan penting pada pilkada. Melalui kegiatan ini, masyarakat bisa mengetahui lebih dalam visi-misi dan program calon kepala daerah.

Hanya, konsep debat dengan satu peserta berbeda dengan biasanya. Pada debat mendatang, KPU Makassar hanya akan menghadapkan pasangan calon dengan panelis yang ditunjuk. Panelis menggali program paslon sesuai tema sentral.

"Nanti tim panelis yang tanya-tanya ke pasangan calon. Kayak talkshow," ujar Rahma.

KPU menggelar debat publik putaran pertama Pilkada Makassar pada 16 Maret lalu. Saat itu debat mengangkat tema transportasi, tata ruang, dan sosiologi perkotaan yang berfokus pada penataan kota dan dampak sosial.

Baca: KPU Makassar Batalkan Pencalonan Ramdhan-Indira


 


(SUR)