Lima Bulan Kampanye Anies Ngaku Lebih Hitam

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 16 Feb 2017 01:36 WIB
pilgub dki 2017
Lima Bulan Kampanye Anies Ngaku Lebih Hitam
Bakal cagub DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) berbincang dengan seorang warga di Kampung Magesen kawasan Manggarai, Jakarta, Minggu (9/10). Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir.

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan ada perubahan fisik yang dialaminya selama lima bulan berkampanye di pilkada DKI Jakarta. Anies mengaku kini kulitnya lebih hitam.

"Lebih gosong, berkeliling ketemu warga memang menarik," kata Anies di acara Mata Najwa Metro TV, Rabu 15 Februari 2017.

Mantan Menteri Pendidikan dn Kebudayaan itu merasakan hal yang berbeda lebih dari sekedar berkampanye saat bertemu dan tatap muka bersama warga. Ia jadi tahu, jika tantangan terbesar bangsa Indonesia adalah soal keadilan. 

Kata Anies, masalah-masalah yang ia temukan di Jakarta selama masa kampanye sudah berdekade-dekade terjadi. Jadi ia enggan menyebutkan maslah yang ada di Jakarta saat ini adalah warisan dari Gubernur DKI Jakarta saat ini Basuki Tjahaja Purnama.  

Selain masalah keadilan, tantangan terbesarnya jika terpilih sebagai orang nomor satu di Jakarta itu terkait maslah kemiskinan. 

Hasil Quick Count beberapa lembaga survei seperti Charta Politika, Indobarometer dan Voxvol menhasilkan data sementara pasangan nomor urut du Basuki Tjahaja Purnama dan Dajroy Saiful Hidayat unggul diantara kandidat lainnya.

Lembaga Survei Indobarometer dari data quick count yang masuk sebesar 100% menempatkan pasangan Ahok-Djarot unggul 43,72 % disusul pasangan Anies-Sandi dengan 39,11 %. Sementara pasangan Agus-Sylvi hanya memperoleh 17,17 %.

Sementara, lembaga survei Charta Politica dengan data quick count yang amsuk sebesar 100%, pun masih menempatkan pasangan Ahok-Djarot di posisi puncak dengan 43,75 % disusul pasangan Anies-Sandi dengan 39,28 %. Lagi-lagi pasangan Agus-Sylvi di posisi buncit dengan 16,97 %.

Tak jauh berbeda dengan dua lembaga survei diatas, Voxpol menempatkan pasangan Ahok-Djarot dengan 42,9 %. Unggul tipis dari pasangan Anieds-Sandi yang meraup 40,2 % suara. Pasangan Agus-Sylvi hanya mearup 16,9 %.


(LDS)