Dua Paslon Pilgub Jabar tak Hadiri Pleno KPU

Roni Kurniawan    •    Selasa, 24 Jul 2018 12:15 WIB
pilkada serentakpilgub jabar 2018
Dua Paslon Pilgub Jabar tak Hadiri Pleno KPU
Situasi rapat pleno Pilgub Jabar di KPU Jabar. (Roni K)

Bandung: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menggelar rapat pleno penetapan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih Pilgub Jabar 2018, di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Selasa, 24 Juli 2018. Pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) dan Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yang telah menghadiri rapat pleno tersebut.

Pantauan Medcom.id, pasangan Rindu datang lebih dulu. Kemudian pasangan Asyik yang hanya diwakili Ahmad Syaikhu dan dua orang tim pemenang menyusul. Mereka kemudian menempati kursi yang telah disediakan, di bagian sisi kanan gedung di KPU Jabar. 

Sementara itu, tempat duduk paslon nomor dua, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) tak hadir dalam rapat tersebut. 

Sedangkan paslon nomor 4, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (2DM) pun tak menghadiri rapat yang dimulai sejak pukul 11.00 WIB.

Hingga kini, belum ada konfirmasi dari pihak paslon yang tidak menghadiri rapat pleno. Padahal beberapa pejabat di Provinsi Jabar telah hadir, termasuk Pj Gubernur Iriawan. 

Iwan mengaresiasi KPU Jabar yang sukses menggelar Pilgub Jabar, pada 27 Juni 2018. Pasalnya partisipasi pemilih di Jabar meningkat sebesar 71 persen, dibandingkan lima tahun lalu sebesar 63 persen.

"Ini hebat sekali, ini betul-betul hak politiknya disalurkan. Karena salah satu parameter keberhasilan adalah tersalurkannya hak politik," ungkap Iwan saat memberikan sambutan.

Dalam penghitungan rekapitulasi KPU Jabar, pasangan Rindu meraih suara terbanyak yakni 7.226.254 suara. 

"Perolehan suara terbanyak ada di pasangan nomor satu, hasil dari keseluruhan," tegasnya.


(LDS)