KPU Upayakan Pakai Kotak Transparan di Pilkada 2018

Hendrik Simorangkir    •    Sabtu, 12 May 2018 18:33 WIB
pilkada 2018
KPU Upayakan Pakai Kotak Transparan di Pilkada 2018
Simulasi pencoblosan satu pasangan calon oleh KPU RI yang digelar di wilayah Jatiuwung, Kota Tangerang. (Medcom.id/Hendrik S)

Tangerang: Komisi Pemilihan Umun (KPU) menyarankan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 yang melawan kotak kosong, untuk menggunakan kotak suara transparan dengan desain dari KPU. 

Komisaris KPU Ilham Syahputra mengatakan, pihaknya akan mengupayakan untuk daerah yang pilkada calon tunggal dapat mengikuti aturan dalam UU No 7 tahun 2017 terkait penggunaan kotak suara transparan.

"Untuk pilpres tahun 2019 tentu kita pakai kotak tersebut, namun kita usahakan pemilihan tahun ini menggunakan kotak transparan juga terlebih pada 14 daerah yang menjalankan pemilu dengan satu paslon (pasangan calon)," ujar Ilham di Tangerang, Sabtu 12 Mei 2018.

Selain upaya menggunakan kotak suara transparan. KPU pun bakal memastikan, tidak ada masalah soal pencetakan dan distribusi surat suara kelak. 

"Kalau lancar soal distribusi dan percetakannya akan kita terapkan. Ini juga dapat mempermudah kita dalam pelaksanaan pemilihan presiden (pilpres) nanti," katanya.

Kotak suara transparan yang telah didesain, hanya terlihat transparan pada bagian depan, sedangkan sisi lainnya tidak. Untuk sisi transparan dilapisi dengan plastik. Kotak suara terbuat dari karton tebal.

Sebagai informasi, untuk daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon yakni, Deli Serdang, Kabupaten Padang Lawas Utara, Prabumulih, Pasuruan, Lebak, Tangerang, Kota Tangerang, Tapin, Minahasa Tenggara, Enrekang, Mamasa, Jayawijaya, Mamberamo Tengah, dan Bone.


(LDS)