Ridwan Kamil Akui Bisa Tentukan Sendiri Cawagub Jabar

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 02 Dec 2017 17:06 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Akui Bisa Tentukan Sendiri Cawagub Jabar
Bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil). -Medcom.id/Roni-

Bandung: Bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mengaku bisa menentukan sendiri calon wakil gubernur yang akan mendampinginya untuk maju di Pilgub Jabar 2018. Bahkan kata Emil, empat partai pendukungnya yakni NasDem, PKB, PPP dan Golkar juga sudah menyerahkan keputusan tersebut kepadanya. 

Menurut Emil, dirinya memiliki hak preogatif untuk menentukan calon pendampingnya. Terlebih hingga kini, empat partai pendukungnya belum berembuk untuk menentukan calon pendamping.

"Dasarnya preogratif diserahkan ke saya. Dan saya bisa memutuskan (calon wakil gubernur)," kata Emil saat ditemui di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu 2 Desember 2017.

Meski begitu, Emil mengaku tetap akan menghormati partai pendukungnya sebelum mengambil keputusan memilih calon wakil gubernur. Emil pun akan tetap melibatkan empat partai pendukungnya, terlebih setiap partai kecuali NasDem mengusungkan kadernya untuk menjadi calon wakil gubernur.
 
"Ada Golkar, PKB, PPP, NasDem. Setiap permintaan satu partai harus diobrolkan pada tim koalisi," sambungnya.

Emil pun rencananya akan mengundang beberapa bakal calon wakil gubernur dari partai pendukungnya seperti Uu Ruzhanul Ulum (PPP), Daniel Muttaqien (Golkar) dan Syaiful Huda (PKB).

"Seminggu dari sekarang, akan diundang yang mau jadi wakil," ujar Emil.


(ALB)