Mantra-Kerta Punya Cara Tingkatkan Kualitas Ekonomi Pariwisata Bali

Lukman Diah Sari    •    Sabtu, 26 May 2018 21:28 WIB
pilgub bali 2018
Mantra-Kerta Punya Cara Tingkatkan Kualitas Ekonomi Pariwisata Bali
Calon Gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra (tengah) dan Calon Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta (ketiga kiri. (ANT/Wira Suryantala)

Bali: Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I I Ketut Sudikerta (Mantra-Kerta) punya cara untuk meningkatkan ekonomi pariwisata berkualiatas di Bali. Cara tersebut pun telah diterapkan Kerta sejak 2015. 

"Kita harus membantu tenaga kerja dan lembaga sertifikasi profesi sehingga tenaga kerja ersertifikasi dengan baik," ujar Kerta saat debat Pilgub Bali II di Bali, Sabtu 26 Mei 2018. 

Dia mengatakan, pemerintah sudah semestinya menjaga kompetensi dan melindungi tenaga kerja pariwisata di Bali. Karena, menjadi keunggulan tenaga kerja sendiri. 

Pasangannya, Mantra mengatakan, Bali hanya memiliki sumber daya. Sehingga harus meningkatkan sumber daya pariwisata, dengan mensertifikasi dan memberikan pelatihan juga pendidikan. 

"Kalau tidak ditingkatkan sumber daya di Bali maka kita akan terlindas dunia global di wilayah kita. Kewajiban kita semua untuk meningkatkan kualitas kita di formil informil agar kualitas kita berdaya saing," bebernya. 

Sementara itu, rivalnya Wayan Koster dan Cokorda Artha Ardhana Sukawati berpendapat yang paling penting adalah melindungi tenaga kerja di Bali. Dia menyarankan, agar tenaga kerja asing diharuskan mengenal budaya di Bali. 

"Sehingga mereka punya daya saing seperti di wilayah mereka," ujar Cokorda.

Sementara itu, kata Cokorda daya saing memang tidak bisa dihindari. Menurutnya, ketertingalan kompetensi harus dikejar. Selain itu, kata Cokorda, tenaga kerja asing di Bali harus diperlakukan sama seperti tenaga kerja dari Bali yang bekerja di luar negeri. 


(LDS)