Ridwan Kamil Paling Diobrolkan di Medsos

Husen Miftahudin    •    Senin, 31 Jul 2017 13:50 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Paling Diobrolkan di Medsos
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, selama beberapa bulan ini, menjadi tokoh yang paling sering diobrolkan oleh warganet. Obrolan umumnya seputar pemilihan gubernur Jawa Barat.

Lewat sigi Isentia, perusahaan media intelligence berbasis di Australia, total pembicaraan tentang Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sebanyak 47.095 kali atau setara 60,96 persen. Angka itu mengungguli perbincangan tentang Abdullah Gymnastiar alias Aa Gym yang berjumlah 12.533 kali (16,26%).

"Nama Aa Gym memang masuk bursa sebagai calon kuat gubernur Jawa Barat,"  kata Country General Manager Isentia Jakarta, Luciana Budiman, di Jakarta, Senin 31 Juli 2017.

Di bawah Kang Emil dan Aa Gym, tambah Luciana, ada nama Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Perbincangan soal Dedi Mulyadi di Medsos sebanyak 11.262 kali atau dengan share of voice (SOV) 14,59 persen.

"Kiprah (Dedy) selama dua periode memimpin Purwakarta membuatnya punya tiket dukungan moril dari masyarakat yang dipimpinnya," tutur Luciana.

Selain itu, ada Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar yang dibicarakan sebanyak 3,532 kali (4,58%). Sedangkan Dede Yusuf dibicarakan sebanyak 2.786 kali (3,61%).

"Data ini bisa dijadikan acuan untuk menyusun strategi kampanye berikutnya, khususnya di ranah media sosial. Di era digital ini pengaruh media sosial sangat signifikan dan sayang kalau tidak dioptimalkan," tutupnya.

Pengukuran kandidat mana yang paling banyak dibicarakan dilakukan selama tiga bulan. Periode yang dipantau mulai dari 1 Mei hingga 30 Juli.


(HUS)