Bos PSM Makassar Dapat 'Tiket' Pilwakot dari Golkar

Andi Aan Pranata    •    Senin, 04 Dec 2017 17:10 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Bos PSM Makassar Dapat 'Tiket' Pilwakot dari Golkar
CEO klub PSM Makassar Munafri Arifuddin (kanan). Foto: Medcom.id / ANDI AAN PRANATA

Makassar: CEO klub sepakbola PSM Makassar Munafri Arifuddin berpeluang mencalonkan diri sebagai bakal calon Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan, pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2018. Munafri sudah mengantongi tiket berupa surat keputusan rekomendasi dari Partai Golkar.

Rekomendasi pencalonan diserahkan langsung Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid kepada Munafri, pada acara seremoni di Hotel Aryaduta Makassar, Senin petang 4 Desember 2017. Penyerahan berkas disaksikan Ketua DPD II Golkar Makassar Farouk M Betta beserta jajaran pengurus partai serta ratusan relawan pendukung.

"Pilkada soal kemenangan. Kami siap menangkan Munafri di Pilwali Makassar, siapa pun pasangannya," kata Farouk saat prosesi penyerahan rekomendasi.

Dalam SK rekomendasi yang diterbitkan, Golkar tidak menyebutkan kandidat wakil wali kota usungan. Partai memberikan kewenangan kepada Munafri untuk menentukan tiga calon  pendampingnya, sebelum diputuskan kemudian. Beredar wacana dia akan menggandeng Ketua DPD NasDem Makassar Andi Rahmatika Dewi.

Partai Golkar sebagai pemilik suara mayoritas memiliki delapan kursi di parlemen kota Makassar. Jumlah itu nyaris memenuhi syarat pencalonan wali kota sebesar sepuluh kursi. Munafri optimistis bisa memenuhi tambahan kursi dari partai koalisi sebelum pendaftaran di KPU dibuka Januari mendatang.

"Kalau Golkar sudah mendampingi calonnya, tidak ada kata berat di depan. Semua akan kita jalani bersama. Saya berjanji tidak akan mengecewakan partai Golkar Makassar," ujar pria yang disapa Appi.

Dalam orasinya, Munafri menyatakan akan terus merangkul struktur Partai Golkar di setiap tahapan Pilkada. Mengenai visi pencalonan, dia menyebut kesejahteraan rakyat sebagai tujuan utama. Namun tidak disebutkan siapa yang akan jadi pendamping sebagai wakil wali kota.

"Saya mewakafkan diri untuk membawa Makassar jauh lebih baik dari yang sekarang. Kami akan jaga amanah ini," kata Munafri.

Jelang Pilkada Makassar, bermunculan sejumlah wacana pencalonan kandidat. Petahana wali kota Muhammad Ramdhan 'Danny' Pomanto berpasangan Indira Mulyasari telah lebih dulu memastikan ambil bagian dalam pertarungan, usai mendaftar sebagai bakal calon lewat jalur perseorangan. Adapun wakil wali kota Syamsu Rizal berupaya menggalang dukungan sejumlah parpol.


(SUR)