Empat Bakal Calon Wali Kota Bogor Lolos Verifikasi Awal

Rizky Dewantara    •    Kamis, 11 Jan 2018 17:00 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Empat Bakal Calon Wali Kota Bogor Lolos Verifikasi Awal
ilustrasi Medcom.id

Bogor: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Bogor telah menerima seluruh berkas empat pasangan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bogor pada hari terakhir pendaftaran, Rabu, 10 Januari 2018.

Empat pasangan yang telah resmi mendaftar ke KPU Kota Bogor, di Jalan Loader Nomor 7, Kecamatan Bogor Timur, Jawa Barat, ialah; petahana Bima Arya Sugiarto dan Dedie A Rachim; jalur perseorangan Edgar Suratman-Sefwelly Gynanjar; pasangan Achmad Ru'yat-Zainul Mutaqin; dan pasangan Dadang Danubrata-Sugeng Teguh Santoso.

"Semua bakal calon sudah mendapat tanda terima. Paling tidak, syarat minimum sudah dipenuhi dan akan ditindaklanjuti dengan penelitian administrasi," kata Ketua KPU Kota Bogor Undang Suryatna, Kamis 11 Januari 2018.

Undang pun menyatakan pada 16-17 Januari 2018, hasil penelitian atau verifikasi data akan diserahkan kembali kepada para pasangan calon. Jika terdapat kekurangan, mereka diberi kesempatan pada 18-20 Januari untuk melengkapi berkas tanpa terkecuali.

"Perbaikan berkas hanya satu kali dan semua harus dilengkapi tanpa terkecuali," ungkapnya.

Undang bilang, dari keseluruhan bakal calon, pasangan Bima-Dedie relatif paling lengkap berkas persyaratannya. Meski ada sedikit kendala terkait lampiran surat dari salah satu parpol yang mengusungnya yakni Partai Demokrat.

Meski begitu, KPU Kota Bogor akan meneliti dan memverifikasi berkas pencalonan. Seperti surat keterangan tidak pernah terpidana, tidak memiliki tanggungan utang, hak pilih yang dicabut hingga surat keterangan pengadilan.

"Kami beri waktu untuk melengkapi hingga 20 Januari 2018. Insya Allah tanggal 16-17 akan kami sampaikan jika ada kekurangan dan kami minta segera dilengkapi," ujarnya.


(ALB)