Demkorat, PBB, Gerindra, dan PKPI Bentuk Pontianak Gemilang

Agung Widura    •    Minggu, 23 Jul 2017 15:38 WIB
pilkada 2018
Demkorat, PBB, Gerindra, dan PKPI Bentuk Pontianak Gemilang
Para pimpinan DPC partai peserta koalisi Pontianak Gemilang. (Metrotvnews.com/Agung Widura)

Metrotvnews.com, Pontianak: Partai-partai politik dengan kursi minim di DPRD Kota Pontianak, Kalimantan Barat mulai membentuk koalisi untuk Pilkada 2018. Koalisi dibentuk guna menghindari calon tunggal pemilihan wali kota Pontianak 2018.

Kesamaan 'nasib' membuat Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang, Partai Gerindra dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia membentuk koalisi Pontianak Gemilang. 

“Kami mencegah munculnya calon tunggal, calon tunggal tidak sehat dalam demokrasi” Ketua DPC Partai Demokrat Pontianak Hartono Azas, saat jumpa pers di salah satu restoran, jalan Soeprapto, Minggu, 23 Juli 2017.

Total kursi koalisi Pontianak Gemilang sesuai hasil Pemilihan Legislatif 2014 adalah 11 kursi atau di atas 20 persen dari total 45 kursi DPRD. Sesuai Peraturan KPU 9/2016, memungkinkan koalisi mengusung calon sendiri.

Ketua DPC Partai Gerindra Kota Pontianak Naufal Ba’bud mengatakan, belum ada nama calon yang akan diusung. Masing-masing partai peserta koalisi akan melakukan penjaringan. Pendaftar bisa 'melamar' melalui partai peserta koalisi.

Naufal menegaskan Koalisi Pontianak Gemilang tidak menutup diri. Masih ada kesempatan bagi partai lain untuk ikut merapat.

Patut diketahui, seluruh partai politik di Kota Pontianak tak bisa mengusung calon sendiri. Tidak satupun partai yang menguasai 20 persen kursi legislator.

Perolehan kursi terbanyak dicatatkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai NasDem dengan masing-masing enam kursi atau 13,33 persen. Disusul Golkar, PKB, dan PAN dengan lima kursi atau 11,11 persen.

Sedangkan PPP dan Gerindra masing-masing memiliki empat kursi. Lalu, Hanura dan Partai Demokrat masing-masing mencatatkan tiga kursi. Sedangkan PKPI dan PBB sama-sama memilki dua kursi.

Total kursi di DPRD Kota Pontianak ditetapkan sebanyak 45 kursi.


(SAN)