2.000 Surat Suara Disiapkan untuk Pemungutan Suara Ulang

Nur Azizah    •    Jumat, 21 Apr 2017 19:16 WIB
pilgub dki 2017
2.000 Surat Suara Disiapkan untuk Pemungutan Suara Ulang
Ilustrasi. Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyiapkan 2.000 lembar surat suara untuk pemungutan suara ulang. Pemungutan suara ulang akan dilakukan di dua tempat pemungutan suara (TPS), yakni TPS 01 Gambir dan TPS 19 Pondok Kelapa.

Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, sejumlah logistik untuk PSU telah didistribusikan ke Panitia Pemungutan Suara (PPS). Ia berharap pemilih tak mengalami penurunan karena harus mencoblos ulang.

PSU TPS 01 Gambir akan dilaksanakan di Jalan Pejambon 2 Nomor 5. PSU berlangsung dari pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. PSU dilakukan berdasarkan rekomendasi hasil investigasi tim pengawas yang diterbitkan Bawaslu DKI.
 
Komisioner KPU DKI Dahlia menjelaskan, berdasarkan surat dari Bawaslu DKI, persoalan di TPS 01 adalah penggunaan formulir C6 atau surat undangan pemilih yang digunakan oleh orang lain. Informasi menyebutkan bahwa C6 milik warga bernama Sukadiah dan Saini digunakan oleh Hasilah dan Bai.
 
Sedangkan kasus di TPS 19, tambah Dahliah, pihaknya tidak mengetahui detail alasan tersebut. "Karena dalam surat Bawaslu DKI hanya mencantumkan rekomendasi PSU tanpa penjelasan kronologis," kata Dahlia.
 
KPU DKI masih menunggu keterangan resmi dari Bawaslu DKI perihal alasan rekomendasi PSU yang tidak menyertakan kronologi perkara. "Sudah kami minta penjelasan dari mereka. Tujuannya agar KPU DKI juga bisa memberikan jawaban (rencana PSU)," ujarnya.

 


(UWA)