Ridwan Kamil Bakal Tata Cipanas

Roni Kurniawan    •    Sabtu, 26 May 2018 14:58 WIB
pilgub jabar 2018
Ridwan Kamil Bakal Tata Cipanas
Suasana jalan raya Cimacan, Cipanas, Jawa Barat , yang macet total setiap akhir pekan. (MI/Budi Kansil)

Cianjur: Kawasan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, kerap menjadi daya tarik wisatawan. Namun kondisi di kawasan Cipanas diakui calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih harus dibenahi agar menjadi pusat pariwisata di Cianjur.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, Cipanas memiliki potensi roda ekonomi yang sangat besar dengan kehadiran berbagai wisata. Akan tetapi, tata ruang yang belum maksimal membuat kawasan Cipanas kerap dilanda kemacetan setiap hari.

"Cianjur daerah pegunungan, daerah yang suhunya sangat dingin sering menjadi pusat wisata yang biasanya orang senang dengan cuacanya. Karena oleh karena itu masalah di Cipanas ini tata wilayah, bisa dilihat masih macet agak semrawut," ujar Emil saat berkampanye di Pasar Cipanas, Cianjur, Jumat 25 Mei 2018.

Kandidat nomor urut 1 di Pilgub Jabar ini mengaku memiliki beberapa konsep, untuk mengubah kawasan Cipanas agar semakin menarik perhatian wisatawan. Pasalnya dengan perubahan bisa meningkatkan perekonomian terutama bagi warga di kawasan Cipanas.

"Jadi mungkin pertolongannya nanti adalah konsep untuk menata agar lalu lintas lebih lancar, pengunjung lebih lancar, karena ekonomi luar biasa. Karena semua di Cipanas jadi ekonomi," tuturnya.

Terlebih, lanjut Emil, Cipanas pun memiliki pasar tradisional yang komplit mulai dari kuliner, pakaian hingga kebutuhan rumah tangga. Akan tetapi, tata ruang di pasar tersebut pun masih harus dibenahi sehingga pengunjung terutama wisatawan bisa betah berbelanja dengan waktu yang cukup lama.

"Jadi mudah-mudahan Cipanas selain jadi pusat pariwisata di Cianjur, juga ada kenyamanan," pungkas Emil.


(LDS)