KPU DKI Akui Surat Suara Kurang di Beberapa TPS

Nur Aivanni    •    Kamis, 16 Feb 2017 07:45 WIB
pilgub dki 2017
KPU DKI Akui Surat Suara Kurang di Beberapa TPS
Anggota KPU DKI Jakarta Dahlia Umar di Gedung KPU DKI Jakarta, Jalan Matraman Raya, Jakarta Pusat--Metrotvnews.com/Wanda Indana

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisioner KPU DKI Dahlia Umar mengakui ada kekurangan surat suara di beberapa TPS. Hal itu lantaran antusias warga DKI yang cukup besar, untuk menggunakan hak pilihnya.

Dahlia menjelaskan KPU DKI telah mencetak surat suara sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT). "Kalau tingkat partisipasinya tinggi, tentu ada potensi surat suaranya kurang. Jadi pemilih kemudian harus mencari TPS yang masih ada surat suaranya," terang Dahlia saat dihubungi Media Indonesia, Rabu 15 Februari 2017.

Baca: Indikator: Partisipasi Pemilih di DKI Jakarta Naik

Dibolehkannya pemilih menggunakan KTP Elektronik atau surat keterangan dari dinas Dukcapil memiliki kelebihan dan kekurangan. Sebab, surat suara cadangan hanya tersedia 2,5% dari jumlah pemilih yang ada di TPS.

"Dan itu pun belum dihitung kalau misalnya ada yang salah mencoblos, dan surat suaranya rusak," jelasnya.

Dahlia meminta warga yang terdaftar di TPS, tapi tidak bisa mencoblos karena surat suara habis melapor ke KPUD. "Nanti disampaikan saja di TPS mana. Kami akan tindaklanjuti," tegasnya.



Ada beberapa laporan yang masuk, terkait nasib warga yang tidak bisa menggunakan hak pilihnya. Seperti, pemilih tambahan tidak bisa menggunakan hak pilihnya, karena surat suaranya kurang, ada yang karena belum punya KTP-E atau surat keterangan.

KPUD DKI Jakarta telah melakukan sosialisasi yang cukup kepada masyarakat, terkait bagaimana warga bisa menggunakan hak pilihnya. "Sosialisasi kami begitu massif bahkan media massa juga begitu," tandasnya.


(YDH)